Jual gamis anak perempuan murah

Tips Membawa Anak ke Masjid

Tips Membawa Anak ke Masjid


Menanamkan nilai nilai kebaikan agama sejak dini adalah hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Membawa anak ke masjid adalah salah satunya. Namun membawa anak ke masjid memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari berisik, bermain main, lari lari, dan lain sebagainya. Berikut ini kami sampaikan tips membawa anak masjid yang dihimpun dari berbagai sumber:



1. Jangan dipaksa


Islam tidak mengajarkan pemaksaan kecuali untuk hal hal yang fundamental. Seorang anak kecil belum diwajibkan untuk shalat, jadi kita tidak harus memaksa anak kita untuk ikut kita ke masjid. Contohkan pada anak kita tentang pergi ke masjid, dan berikan penjelasan mengapa umat Islam harus pergi ke masjid. Lalu ajaklah anak anda ke masjid dengan pertanyaan, di mana iya atau tidaknya adalah tergantung anak anda sendiri, jangan dipaksakan. Pergi ke masjid tanpa paksaan setidaknya awal yang baik bagi anak anda, sehingga suatu saat dia faham pentingnya pergi ke masjid.



2. Ambil shaf paling belakang


Ambil shaf paling belakang bertujuan jika ternyata anak kita menangis dan membuat kegaduhan, kita bisa melakukan tindakan. Jangan kita diam saja jika anak kita sudah kelewat batas membuat gaduh di masjid, karena kekhusuan jamaat yang lain adalah yang utama. Jadi ambillah shaf paling belakang, sehingga anda bisa keluar shaf sejenak ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



3. Ajarkan pemahaman


Untuk anak anak yang berumur sudah di atas 3 tahun, daya talar mereka sudah mulai ada. Berikanlah pemahaman pada anak anda bahwa membuat kegaduhan di masjid adalah hal yang buruk, memberikan pemahaman ini memang tidak mudah, tapi tetaplah berusaha sampai anak anda mengerti dan memahami. Jika anak anda sudah faham dan mengerti, dengan sendirinya dia akan sadar tidak akan membuat kegaduhan di masjid.



4. Sabar


Kesabaaran adalah hal utama bagi orang tua. Bukan hanya soal kasus membawa anak ke masjid, tapi dalam berbagai hal. Kalau dalam kasus ini, tetaplah bersabar. Mau bagaimanapun anak anda adalah anak anak. Pasti membuat kegaduhan, atau hal hal yang tidak sesuai adab di masjid. Dengan kesabaran, tidak akan terasa bahwa anda sedang memberikan contoh yang baik pada anak anda, tau tau anak anda sudah mengerti dan faham apa pentingnya pergi ke masjid.



itulah tips sederhana untuk membawa anak ke masjid. Semoga bermanfaat.






baca juga: 7 QUOTES TENTANG MENJADI ORANG TUA