baju muslim anak perempuan

Fase Kehamilan Trimester Kedua

Saat Fase kehamilan Trimester kedua ini adalah waktu untuk ibu menyesuaikan diri dengan bentuk baru tubuh.



Perubahan pada tubuh ibu


Umumnya seorang ibu merasa trimester kedua pada kehamilan lebih mudah dibandingkan trimester pertama. Tapi sama penting untuk mengetahui kondisi kehamilan selama bulan-bulan trimesteri kedua ini. Kemungkinan besar mual dan mudah lelah pada trimester pertama akan hilang, tetapi hal baru akan muncul, utamanya perubahan bentuk fisik.


Perut akan mulai membesar dan berat badan bertambah seiring dengan perkembangan janin yang terus tumbuh. Dan sebelum trimester kedua ini selesai, bayi sudah mulai bisa bergereak. Rasa pusing yang dialami pada trimester pertama mungkin saja masih terasa.


Berikut hal hal yang bisa saja terjadi pada kehamilan trimester kedua:




  • Sakit pada perut, paha, punggung, dan pangkal paha

  • napas terasa berat

  • Kulit berubah

  • sering kesemutan

  • gatal di telapak tangan dan telapak kakki. (Hubungi dokter jika mengalami gatal beserta mual, tidak bernafsu makan, muntah muntah. karena ini adalah gejala penyakit lever)

  • Berat badan bertambah


Pada trimester kedua ini, umumnya seorang ibu akan mengalami pertambahan berat badan sebesar 1.5 kg / minggu atau 6 kg / bulan.



Perubahan pada Bayi


Di akhir trimester kedua kehamilan, bayi beratnya berkisar di 1.7kg, dan panjang sekitar 30 cm. Pertumbuhan jari kaki, jari tangan, alis dan bulu mata terjadi di fase ini. Dan juga organ organ vital bayi seperti paru-paru, jantung, serta ginjal mulai terbentuk. Dan pada bulan ke-lima biasanya bayi sudah bergerak gerak di dalam perut ibunya.