baju muslim anak perempuan

Tips Merawat Anak di Musim Hujan

Wah musim hujan sudah datang, dingin ya bun? Bagaimana anak anak kita? Apakah sehat semua?


Musim hujan tidak bisa kita hindari, karena itu adalah kehendak yang maha kuasa. Cuaca yang dingin dan lembab menjadi tantang tersendiri bagi kondisi tubuh anak, belum lagi kalau anaknya malah hobi hujan hujanan.
Gak perlu takut bun, di sini kami coba memberikan tips untuk merawat anak saat musim hujan.



1.  Jika kehujanan, segera mandi.
Jika anak anda terpaksa terkena hujan, misal ketika naik motor, atau malah dia hujan-hujanan sendiri, jangan dimarahin ya bun anaknya. Gak perlu panik, sesampai di rumah langsung suruh anak mandi yang bersih. Lebih bagus kalau mandi dengan air hangat. Langsung mandi setelah terkena hujan bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel akibat guyuran hujan. Selain itu air hujan bersifat asam, kalau menempel di kulit terlalu lama bisa mengakibatkan badan anak kita tidak sehat. Pastikan anak anda mandi yang bersih ya bun, dengan sabun dan sampai ke selah-selah seluruh badannya.
Selepas mandi, langsung beri minuman hangat pada anak anda. Bisa susu hangat, wedang jahe, atau apa saja. Ini bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh menjadi kembali normal.



2. Selalu siapkan baju ganti
Jika berpergian dengan anak di musim hujan, siapkan selalu baju ganti untuk anak anda. Karena jika anak anda kehujanan, dan tetap menggunakan baju yang basah sampai dengan ke rumah, ini rentan membuat anak anda sakit.
Jadi kalau baju anak anda basah, langsung saja ganti dengan yang baru. Baju di sini semuanya ya bun, termasuk dalem anak anda juga.




[caption id="attachment_684" align="alignnone" width="400"]anak hujan hujanan awas sakit anak hujan hujanan awas sakit[/caption]


3. Siapkan jas hujan dan helm anak
Jika anda berpergian dengan motor bersama anak anda, siapkanlah jas hujan khusus untuk anak anda, dan juga helm. Karena jika anak anda hanya “menebeng” jas hujan pada anda, perlindungannya tidak optimal. Dan jangan lupa gunakan helm, dalam berkendara motor kemanapun, helm adalah hal wajib dipakai. Bukankah anda sayang anak anda? Maka pakaikanlah dia helm



4. Perketat pola makan anak
Di musim hujan, karena lembab dan basah, bibit penyakit bisa dari mana saja, dan mudah masuk ke badan anak. Dengan makan teratur dan bergizi seimbang, akan membuat pertahanan tubuh anak anda jadi lebih kuat. Jadi tidak perlu khawatir sakit jika musim hujan. Bagusnya perketat pola makan anak anda ini tidak hanya pada saat musim hujan ya bun, tapi seterusnya sampai dewasa.



5. Hangatkan kamar anak anda
Musim hujan yang dingin dan lembab itu bukan hanya di luar rumah loh bun, tapi di dalam kamar juga. Hangatkanlah kamar anak anda, agar tidak lembab dan dingin. Bisa menggunakan penghangat ruangan atau yang lainnya, atau cara paling mudah adalah dengan cara menggunakan lampu belajar dan dinyalakan di pojok kamar menghadap tembok. Lampu belajar ini bermanfaat meningkatkan suhu ruangan, dan dihadapkan ke tembok agar tidak silau ketika anak anda tidur, jadi kualitas tidur anak anda tidak akan terganggu.



6. Pakai pakaian hangat
Dan yang terakhir dan paling umum adalah selalu sedia pakaian hangat untuk anak anda. Bisa dimulai dari Jaket, sweeter, kupluk, sarung tangan, dan yang lainnya. Baju Yuli menyediakan juga jaket anak yang simple, hangat, dan elegant yang bisa anda lihat di sini: Jaket Anak