baju muslim anak perempuan

Ayat Al-Quran tentang Orang Tua

ayat Al-Quran tentang orang tua

Seorang ibu merupakan orang yang paling berjasa, karena tanpa ibu siapa pun tidak akan bisa lahir ke dunia.
Bahkan, untuk menjadi seorang ibu pun begitu berat, karena banyak pengorbanan yang diikhlaskan oleh seorang Ibu mulai dari saat mengandung hingga melahirkan kita ke dunia.

1. Surat Ibrahim ayat 40

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”


2. Surat As-Shaffaat ayat 100

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang shaleh.”


3. Surat Ali Imran ayat 38

 “Ya Allah berikanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pendengar Permohonan.”


Sebagai seorang anak kita harus menyayangi ibu yang telah melahirkan kita dan juga ayah yang telah membesarkan kita. Adapun ayat tentang patutnya seorang anak berbakti kepada ibu dan ayahnya seperti:


4. Surat Ibrahim ayat 41

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu ayahku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hari kiamat.”


5. Surat Al Israa ayat 23

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu dan bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya telah berumur lanjut maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”


6. Surat Al-Ankabut ayat 8

“Dan kami wajibkan manusia berbuat kebaikan kepada kedua orang tua ibu dan ayah. Dan jika keduanya memaksamu menyekutukanl-Ku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuannya maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku lah kembalimu, lalu aku akan mengabrkan kepadamu yang telah kamu kerjakan.”


7. Surah Al Israa ayat 24

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah; ‘Wahai Tuhanku, kasihilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka berdua telah mendidik hamba sewaktu kecil.”

  Semoga Allah SWT menumbuhkan hormat kita yang tulus bagi Ibu-Bapak kita di dalam hati kita dan menunjukkan kasih sayangNya kepada mereka seperti Ibu-Bapak kita menunjukkan kasih sayangnya kepada kita ketika kita masih kecil. (Amin)...
hormatilah kedua orang tua kita, karena mereka yang telah menyayangi kita sedari kita kecil..