baju muslim anak perempuan

Tips menghadapi masalah hidup sesuai Al Quran

Cara menghadapi masalah sesuai Al-Quran

Assalamualaikum

Semua orang pasti punya masalah, masalah kecil maupun besar.
dan semua ingin menjadi pribadi tangguh saat menghadapi cobaan bukan?

Lalu mengapa terasa begitu berat saat cobaan itu datang?

Kita tidak bisa meminta cobaan itu tidak pernah datang. Cobaan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita.

Akan jauh lebih baik kita mampu menghadapi cobaan dibandingkan berharap tidak mendapatkan cobaan.
Dalam islam kita sanggup dan bisa melalui cobaan, maka kita akan mendapatkan hikmah, pelajaran, dan kebaikan dari cobaan itu.

Yuk kita belajar bersama, bagaimana caranya agar menjadi pribadi yang tangguh

" 5 Cara Menjadi Pribadi yang tangguh menghadapi cobaan menurut Al-Quran "

1. Yakinlah Kamu bisa


  Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS.Al-Baqarah 2:286)

  kita diyakinkan bahwa setiap cobaan yang diberikan Allah kepada kita sesuai dengan kadar kemampuan kita. Jika kita merasa tidak sanggup menghadapi cobaan atau ujian yang kita alami, itu adalah sinyal bahwa kita harus meningkatkan kualitas diri kita.

2. Sesuatu yang kita benci bisa jadi sesuatu yang baik


  Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS.Al-Baqarah 2:216)

  Kita harus yakin, bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita. Mungkin kita menyukainya, padahal itu buruk bagi kita sehingga Allah menghilangkannya dari kita. Terasa pahit, padahal justru itu yang terbaik bagi kita. Kita mungkin tidak mengetahuinya, tapi Allah mengetahui

3. Tenang, Kemudahan Akan Datang


  Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS.Al-Insyirah 94:5-6)

  Jangan khawatir dengan kesulitan, sebab Anda akan menemukan kemudahan. Syaratnya Anda harus bersedia melalui kesulitan tersebut.

4. Cobaan merupakan kasih sayang Allah kepada kita


  Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu. (QS.Ad-Dhuhaa 93:3)

  Cobaan itu tidak menunjukan bahwa Allah membenci kita. Rasulullah saw pun diberikan ujian oleh Allah, padahal beliau adalah habibillah (kekasih Allah). Jadi ujian bukan berarti benci.

5. Sabar dan Shalat


  Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS.Al Baqarah :45-46)

  mintalah pertolongan dari Allah dengan shabar dan shalat. Ini memang tidak mudah kecuali bagi mereka yang khusyu’, yaitu orang yang yakin bahwa dia akan menemui Allah dan akan kembali kepada-Nya.

  Saat kita yakin bahwa kita akan kembali kepada Allah, maka sebesar apa pun masalah yang kita hadapi, semuanya menjadi kecil, sebab urusan besar itu mempersiapkan diri untuk di akhirat nanti.