baju muslim anak perempuan

Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Pertama Siap Memiliki Adik?

Kapan waktu yang tepat untuk anak pertama siap memiliki adik?
Kapan waktu yang tepat untuk anak pertama siap memiliki adik?
Sebagi orang tua, tentunya banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan mengenai berbagai aspek kehidupan. Memutuskan untuk memiliki anak kedua adalah salah satunya. Banyak faktor-faktor dan efek yang akan timbul setelah anak kedua lahir. Mengenai bagaimana rencana keuangan bagi pendidikan kedua anak yang tentunya harus adil, juga mengenai keadaan psikologis si kakak yang perlu diperhatikan.

Berapa jarak yang ideal antara kakak dan adik?

Seorang psikolog bernama Werren Cann yang juga merupakan direktur utama dari Parenting Reasearch Centre menyebutkan bahwa, baik jarak yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh sama-sama memiliki resiko potensi resiko kesehatan bagi ibu. 

Fakta yang lain menyebutkan bahwa menurut sejumlah penelitian, waktu tunggu yang disarankan untuk hamil anak kedua berkisar 18-23 bulan setelah melahirkan anak pertama. Jarak antara anak pertama dan kedua ini bermanfaat untuk menyiapkan tubuh ibu pasca melahirkan anak pertama serta agar calon anak kedua bisa tumbuh dan berkembang secara sehat. (dilansir dari website alodokter.com

Maka dari fakta ini, dapat disimpulkan bahwa jarak yang ideal antara kakak dan adik adalah lebih dari 1,5 tahun dan tidak lebih dari 2 tahun.

Kelebihan dan tantangan yang mungkin dihadapi

Fakta sains yang menyebutkan bahwa jarak ideal kakak dan adik adalah sekian tahun, namun masih ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan. Berikut akan dijabarkan beberapa kelebihan dan tantangan apa yang kemungkinan akan dihadapi : 

Kelebihan : 
  • Kedua anak tumbuh besar bersama maka kedekatan antara merekapun lebih besar
  • Orang tua tidak perlu repot dua kali lipat mengurus anak kecil untuk kedua kalinya karena kedua anak mereka tidak terlalu memiliki jarak yang jauh dalam perkembangan dan tumbuh kembangnya
  • Adik bisa memakai perlengkapan bayi milik kakak
Tantangan :
  • Perlu tenaga ekstra untuk membimbing dan mengayomi kakak dan adik secara bersamaan (ya, walaupun tentunya memiliki anak dengan jarak umur berapapun pasti memiliki tantangannya tersendiri) karena keduanya masih sama-sama belum dewasa dan sisi kekanakan mereka cenderung tidak jauh berbeda. 


Kesiapan Bunda

Dilansir dari alodokter.com menyebutkan bahwa, salah satu perubahan positif pada kehamilan anak kedua adalah ibu sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan dari anak pertama sehingga meningkatkan kepercayaan diri ketika merawat anak kedua. Hal-hal yang terasa begitu berat ketika mengurus anak pertama, termasuk menyusui, mengganti popok, penanganan penyakit, tampaknya kini tidak terasa terlalu rumit lagi. 

Namun juga seorang ibu tentunya harus memperhatikan kesehatan dan kondisi psikologis dirinya sendiri juga sang ayah. Untuk hal ini, akan lebih baik jika ibu dan ayah langsung berkonsultasi dengan dokter dan para ahli. 


Nah, itulah artikel mengenai penjelasan dari waktu yang tepat untuk anak pertama siap memilih adik, berapa jarak umur yang ideal untuk kakak dan adik, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan tantangan yang mungkin harus dihadapi orang tua. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. 😊