baju muslim anak perempuan

Cara Mudah Memberi Obat Medis Jika Anak Sakit

Cara Mudah Memberi Obat Medis Jika Anak Sakit
Cara Mudah Memberi Obat Medis Jika Anak Sakit 
Terkadang imunitas anak menurun dikarenakan beberapa faktor sehingga anak sakit tanpa anda duga. Namun jika anda tidak bisa menangani hal tersebut, anda membawa anak ke dokter dan membiarkan dokter memeriksa anak anda. Nah, biasanya setelah dilakukan pemeriksaan, anak anda diberi obat sesuai keluhannya. Namun anak ada yang rewel tidak mau makan obatnya. Pada artikel ini dijelaskan cara mudah memberi obat medis jika anak sakit: 

1. Gunakan Obat Syrup 

Sediakan obat syirup manis terasa sedikit pahit untuk kesembuhan anak, jangan lupa sediakan air minum dan biskuit untuk menutupi sedikit pahitnya obat syirup. Beberapa obat kapsul tidak boleh dihancurkan karena untuk menjaga khasiatnya tetap normal. Jika dokter memberikan obat tablet/kapsul, sebaiknya tanyakan ke dokter, apakah obat tersebut dapat digerus atau dilarutkan terlebih dahulu. 

2. Gunakan Pipet 

Ada obat yang isinya pipet untuk mempermudah anak meminum obat tersebut melalui tetesan pipet yang langsung diteteskan ke tenggorokan. Biasanya obat ini untuk anak yang tidak mau menelan obat, hanya digunakan untuk anak muda dan bayi. Mau tidak mau anak harus minum obat melalui pipet tetes. 

3. Dudukan Anak Saat Minum Obat 

Supaya anak menelan obatnya lebih mudah, dudukan anak dengan menyender di bantal, dudukanlah dengan tegak agar anak tidak membuyarkan/melepehkan obatnya jika anak duduk miring atau tidur. 

4. Campur Obat dengan Makanan Minuman 

Jika anak tidak mau minum obat, taktiknya adalah mencampur obat dengan makanan atau minuman. Umumnya obat tablet/kapsul menyelipkan di roti, pisang atau nasi. Mencampurkan tablet atau kapsul mencampurkan dengan jus, susu, teh atau sop, sebaiknya harus konsultasikan dan bertanya ke dokter. Ada beberapa jenis obat yang tidak boleh diminum bersama teh, susu karena takut berinteraksi dan menyebabkan resiko efek samping buruk pada tubuh anak. 

5. Buatlah Anak Fokus pada Sesuatu 

Buat anak tidak fokus terhadap minum obat pahit, buatlah anak fokus kepada apa yang anda bicarakan(tidak membahas atau memerintah minum obat) atau tentang suatu hal agar anak langsung meminum obat tersebut. 

Nah, itulah cara jitu memberi obat medis jika anak sakit dengan mudah dan simpel, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.