Jual gamis anak perempuan murah

Tips Mencegah Cegukan pada Bayi

Penyebab Bayi Cegukan 

Tips Mencegah Cegukan pada Bayi
Tips Mencegah Cegukan pada Bayi 
Bayi cegukan sebenarnya tidak apa-apa karena wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Cegukan adalah kontraksi kuat atau kejang pada diafragma yang disebabkan oleh iritasi atau stimulasi otot. Manusia umumnya terkadang mengalami cegukan, muda, dewasa, tua, bahkan bayi yang ada di dalam kandungan. Tidak ada obat untuk mengatasi cegukan. Namun ada beberapa cara mencegah bayi cegukan: 

1. Jangan Memberi Makan Terlalu Banyak 

Bayi makan terlalu banyak atau overfeeding adalah penyebab timbulnya cegukan. Jika bayi mengalami distensi terlalu cepat dan terlalu penuh, hal tersebut dapat memicu otot diafragma menjadi kejang. 

2. Bayi Tidak Menelan Terlalu Banyak Udara Saat Menyusui 

Penyebab lainnya yalkni bayi terlalu banyak menelan udara saat menyusui, hal tersebut menimbulkan bayi cegukan. Pastikan jika bayi menyusui, mulutnya menutupi seluruh areola agar tidak ada angin yang masuk ke mulut bayi dan mencegah terjadinya cegukan dan muntah. Begitupun sama dengan bayi menyusui dengan botol harus memposisikan bayi dengan benar, yaitu bayi tidak tidur saat menysui dan tidak berbaring lurus. Botol susu harus miring dengan sudut 45 derajat sehingga udara naik ke bagian bawah botol. 

3. Jangan Membaringkan Bayi Saat Makan 

Biarkan bayi duduk tegak menyender ke tubuh ibunya jika makan, atau duduk menyender di kursi empuk dengan pantauan anda. Jangan membaringkan bayi saat makan hal tersebut dapat membuat udara naik ke perutnya dan membuatnya sendawa. Cegukan bayi disebabkan oleh gastroesophageal reflux, dimana bayi dapat memuntahkan apa yang ia makannya dan merasa sakit dan cegukan. Petunjuk bahwa bayi anda mengalami reflux adalah sering bangun malam dengan menangis, pelaku umum kolik sakit perut setelah makan dan muntah. Maka konsultasikan ke dokter. 


Nah, itulah tips dan trik cara mencegah cegukan pada bayi dengan mudah dan simpel, semoga informasi ini menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.