baju muslim anak perempuan

Rumus Ali Bin Abi Thalib Dalam Mendidik Anak

Menurut beberapa ulama Ali bin Abi Thalib selalu menggunakan rumus 7x3 untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan syariat Islam. Apakah bunda tahu apa itu rumus 7x3? Rumus 7x3 yang diterapkan Ali bin Abi Thalib memiliki makna 7 tahun pertama (sejak lahir sampai usia 7 tahun), 7 tahun kedua (usia 7-14 tahun), dan 7 tahun ketiga (usia 14-21 tahun).

Lalu bagaimana rumus 7x3 tersebut berlaku untuk mendidik anak-anak Bunda? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. TUJUH TAHUN PERTAMA

7 TAHUN PERTAMA maksudnya, Bunda disarankan untuk mendidik anak mulai dari sejak lahir sampai dengan anak berusia 7 tahun, Bunda bisa mendidiknya mulai dari membacakan Al-Qur'an. Kemudian setelah anak mulai bisa berbicara, cobalah untuk mengajarinya mengucapkan kata-kata yang mengandung pahala di dalam Islam seperti basmallah, tahmid, takbir dan lain sebagainya. Ajarkanlah pendidikan yang sesuai dengan perkembangan si kecil, misalkan si kecil sudah mulai berteman dengan anak yang lain maka ajarilah cara berteman yang baik.

Pada 7 tahun pertama ini Bunda harus mendidik si kecil dengan kelemahlembutan, dimana orangtua harus mengerti keinginan anak dan harus bersikap ma'lum dengan waktu bermain anak-anak pada usia tersebut.

2. TUJUH TAHUN KEDUA

Selanjutnya, 7 TAHUN KEDUA maksudnya usia 7-14 tahun, pada 7 tahun kedua ini masuklah ke dalam penanaman masalah prinsip, pada tahap ini Bunda selaku orang tua boleh tegas dalam mendidik si kecil tetapi gak boleh terlalu keras ya Bunda. Tegas dan keras itu sangat jauh berbeda "Ini boleh itu gak boleh" itu yang dinamakan tegas dan itu dibolehkan namun jika Bunda atau orang tua sampai memarahi, memukul atau melakukan tindakan kasar lainnya itu baru tidak boleh dilakukan, jangan sampai seperti itu ya Bunda.

Jika si kecil berbuat kesalahan, cobalah untuk bersabar dan berikan pengertian kepada sikecil bahwa yang dilakukannya itu tidak baik dan tidak boleh dilakukan, nasihatilah si kecil dengan baik-baik karena cara yang tepat ialah dengan menasehati atau menegur dengan lisan, mendoakan, dan merangkul anak-anak.

3. TUJUH TAHUN KETIGA

Kemudian 7 TAHUN KETIGA maksudnya usia 14-21 tahun, pada 7 tahun ketiga ini mulailah ajak anak untuuk bermusyawarah baik dengan keluarga ataupun dengan tetangga. Musyawarah ini tujuannya untuk melatih anak terbiasa memberikan saran dan pendapat. Memberikan pendapat ini tidak harus diterima karena niatnya hanya mendidik anak supaya anak bisa tumbuh dewasa.

Sedangkan jika anak sudah berusia 21 tahun lebih menurut para ulama Ali bin Abi Thalib, menceritakan bahwa beliau membebaskan anaknya di masyarakat karena anak akan jadi pemimpin seperti orang tuanya, namun meskpiun begitu orang tua harus tetap mengawasinya, menasihati dan mengingatkannya jika anak berbuat kesalahan.

Nah, itulah maksud rumus 7x3 yang digunakan oleh salah satu sahabat Rosulullah bernama Ali bin Abi Thalib dalam mendidik anak-anaknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu serta inspirasi ya Bunda.