Jual gamis anak perempuan murah

Tips Mengajarkan Anak Senang ke Masjid

Bismillahirrahmanirrahim...

Hai bunda mau kan punya anak yang sholeh sholehah? Untuk ber-ikhtiar supaya anak kita menjadi anak sholeh bukanlah hal mudah, perlu perjuangan keras dan terus menerus tanpa lelah. Artikel ini membahas sedikit upaya kita berhasil menjadikan anak kita anak yang sholeh, yaitu dengan membuat anak kita suka ke masjid.

anak baca Al-Quran di Masjid
anak baca Al-Quran di Masjid


Berikut tips supaya anak kita cinta masjid:

1. Contohkan ayah bunda juga cinta masjid

Ini sudah rahasia umum namun kadang kita tidak melakukannya. Dalam kasus apapun, pendidikan yang terbaik untuk anak adalah dengan mencontohkannya. Jangan harap anda punya anak yang sholeh kalau anda sendiri tidak berusaha menjadi sholeh, jangan harap punya anak yang cinta masjid tapi anda sendiri tidak cinta masjid.

Anak kecil adalah peniru ulung. Mereka melihat mendengar dan berusaha meniru. Oleh karenanya mencontohkan adalah usaha yang sangat efektif untuk membuat anak anda cinta masjid.

Bagaimana caranya? buat sang ayah, tentu paling sederhana dengan selalu sholat berjamaah ke masjid ketika shoat fardhu, lebih bagus lagi kalau anak anda diajak juga ke masjid. Tapi perlu diperhatikan juga tingkat kedewasaan sang anak ya, kalau sang anak sering berisik di masjid, lebih baik tunda dulu kebiasaan mengajak anak sholat ke masjid.

Untuk bunda nya, bisa dengan menceritakan keindahan keindahan masjid di dunia, terutama masjidil Haram dan masjid Nabawi. Tanamkan sejak dini bahwa kedua masjid tersebut adalah salah satu tujuan ibadah umat Islam seluruh dunia, harapannya sang anak jadi punya cita cita untuk pergi ke sana.

Sering sering lah membahas masjid, seperti nama masjidnya, sejarahnya, kelebihan masjid nya, karakter masjid dst dst. Lambat laun ini akan masuk ke alam bawah sadar anak anda, dan akan menggambarkan masjid di benak anak anda.

2. Ajak berkegiatan di masjid

Kegiatan yang dimaksud bukan hanya sholat loh ya. Kalau sholat sih mutlak harus anda coba untuk membawa anak anda ke masjid. Kegiatan yang dimaksud di sini adalah seperti kajian, event, atau bahkan kegiatan sederhana.

Masjid bukan hanya tempat sholat loh bun, di jaman Nabi Muhammad SAW, Masjid adalah pusat peradaban, Segala hal dilaksanakan di sana. Jadi ga ada salahnya loh kalau kita mengajak anak kita ke masjid, misalkan hanya untuk jalan jalan saja, untuk berolahraga pagi, atau sekedar duduk duduk tamasya.

Apalagi jaman sekarang masjid semakin cantik cantik, ada tamannya, ada fasilitas fasiltas bermain dan lain sebagainya. Tanamkanlah ke anak bahwa berkegiatan di masjid itu menyenangkan.

3. Menceritakan sejarah islam

Sejarah islam banyak sekali manfaat manfaat faedah yang bisa diambil, dan di dalamnya pasti sedikit banyak menyinggung soal masjid. Anda tidak perlu risau jika anda memang tidak begitu mengerti tentang sejarah Islam, anda bisa beli bukunya kok.

Banyak sekali yang menjual buku sejarah Islam mulai dari sirah Nabawiyah, Sahabat, sampai zaman pra modern. Carilah buku yang memang khusus dibuat untuk anak kecil, yang memiliki banyak gambar menarik, sehingga anak pun senang membacanya. Kalau anak belum bisa baca, ya bacakan dong oleh ayah bundanya, sekalian sama sama belajar kan?

Spesifik mengarah ke Masjid, anda bisa mencari cerita yang berkaitan langsung tentang Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsa dan masih banyak lagi. Dengan demikian anak akan mengenal apa itu masjid, akan terbentuk imajinasinya tentang masjid, dan Insya Allah jadi cinta masjid. Jadi kenalkanlah masjid ke anak anda, bukankah tak kenal maka tak sayang?

==

Ok itu saja tips singkat ini, yuk sama sama kita mempraktekkannya.. Semoga ikhtiar kita semua diridhoi oleh Allah SWT, dan kita dikaruniakan anak yang sholeh sholehah. Robbi habli minashsholihin. Amin...