Jual gamis anak perempuan murah

Fase Kehamilan Trimester Pertama

Halo calon ibu, sekarang sedang fase kehamilan yang mana? pasti seneng banget ya yang sekarang sedang hamil. Atau kalau yang belum hamil tetap ikhtiar dan berdoa ya bun. Kehamilan terbagi menjadi tiga fase utama, masing-masing dengan durasi tiga bulan. Ketiga fase ini disebut trimester.



Trimester pertama dimulai dari minggu pertama sampai dengan minggu ke-12, trimester kedua mencakup minggu 13 sampai akhir minggu ke-26, dan trimester ketiga mencakup minggu yang ke 27 hingga akhir kehamilan.



Berikut penjelasan singkat dari ketiga fase kehamilan tersebut:



TRIMESTER PERTAMA (minggu 1 sampai akhir minggu 12)




Perubahan tubuh



Selama tiga bulan pertama kehamilan, atau trimester pertama, tubuh mengalami banyak perubahan. Sebagai reaksi tubuh dalam menyesuaikan pertumbuhan bayi, wanita hamil mungkin mengalami gejala gejala mual, kelelahan, sakit punggung, perubahan suasana hati, dan stress.



Namun tidak perlu khawatir karna hal-hal ini masih normal. Kebanyakan ketidaknyamanan ini akan hilang seiring waktu kehamilan berlanjut. Tentu saja beberapa wanita merasa kurang nyaman sama sekali. Kalau pun pernah hamil, banyak perempuan merasakan perubahan dan perbedaan yang berbeda. Antara satu dan wanita lainnya memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda pula.
Seiring perubahan bentuk tubuh mulai berubah, wanita hamil perlu membuat perubahan kegiatan rutinitas setiap hari-hari.
Berikut ialah beberapa perubahan yang paling umum yang biasanya dialami pada trimester pertama:



Kelelahan



Banyak wanita menemukan bahwa mereka merasakan mudah lelah pada trimester pertama. Tidak perlu khawatir, karna kelelahan ialah hal yang normal. Ini merupakan cara tubuh memberitahu bahwa seorang yang lagi hamil membutuhkan lebih banyak istirahat. Bagaimanapun, tubuh bekerja sangat keras untuk mengembangkan kehidupan janin baru. Cobalah tips-tips untuk meredakan kelelahan antara lain:



- Tidur minimal delapan jam setiap malam, dan kalau mungkin di siang hari juga
- Saat lelah, istirahatlah atau bersantai.
- Mulai tidur dengan posisi kiri. Ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah utama yang memasok oksigen dan nutrisi ke janin. Kalau memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, rutinitas tidur ini sangat penting
- Kalau merasa stres, cobalah untuk menemukan cara untuk bersantai.



Mual dan Muntah



Mual dan muntah sering terjadi pada fase awal kehamilan. Saat tersebut identik dengan sebutan "ngidam". Walaupun hal ini akan berlangsung terus, namun rasa mual dan muntah biasanya hilang setelah trimester pertama.
Cobalah tips ini untuk membantu mencegah dan menenangkan rasa mual tersebut:
- Sering makan makanan dengan porsi sedikit (6-8 porsi setiap hari) lebih baik daripada makan 3 kali ukuran porsi biasa / besar
- Hindari makanan mengandung lemak, gorengan, atau yang pedas
- Cobalah makan camilan, seperti roti, biskuit, atau jajan kering saat merasa mual. Salah satu caranya ialah dengan menyimpan cadangan makanan didekat tempat tidur dan makanlah sesuatu sebelum tidur dan saat bangun di pagi hari. Kalau merasa mual di tengah malam, sebaiknya segera makan makanan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kebiasaan ini dianjurkan pula bila sewaktu waktu rasa mual datang, dan bisa dimakan secepatnya
- Cobalah minum minuman berkarbonasi diantara waktu makan
- Tanyakan kepada dokter apakah boleh mengkonsumsi vitamin B6 kalau rasa mual dan muntah tak kunjung reda walau telah mengubah pola makan.
- Kalau merasa muntah berlebihan, segera hubungi dokter. Rasa mual dan / atau sering muntah mungkin berarti wanita sedang mengandung tersebut memiliki kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum. Kalau kehilangan terlalu banyak cairan bisa mengalami dehidrasi yang berbahaya bagi ibu dan jabang bayi.



Sering buang air kecil



Pada masa kehamilan, rahim semakin membesar dan menekan kantung kemih. Hal ini menyebabkan sering buang air kecil. Kunjungi dokter segera kalau merasakan rasa sakit, rasa terbakar, kencing bernanah atau keluar darah dalam urin. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang memerlukan perawatan lebih serius.



Berat badan



Selama trimester pertama, pertambahan berat tubuh pada wanita hamil ialah normal. Biasanya pertambahan berat badan sekitar setengah kilogram per bulan.



Perubahan bentuk Bayi



Pada akhir trimester pertama, bayi memiliki panjang sekitar tiga inci / 7,5 centimeter dan beratnya sekitar setengah ons. Mata, telinga telah mulai berbentuk. Organ hati pun telah mampu membuat empedu, dan ginjalnya mensekresi urin ke kandung kemih. Pada saat tersebut, seorang perempuan hamil belum bisa merasakan bayi yang sedang bergerak. Pergerakan bayi terjadi karna adanya reaksi terdorong pada perut wanita.



Cek Ke Dokter



Selama bulan-bulan awal kehamilan, memeriksakan dan konsultasi kehamilan ke dokter sangat penting. Selama check-up pra-lahir pertama, biasanya seorang dokter atau bidan akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:
- Riwayat kesehatan, penyakit, operasi, atau perihal kesehatan sebelum hamil
- Menanyakan mengenai riwayat kesehatan keluarga
- Melakukan pemeriksaan fisik yang lengkap
- Melakukan pemeriksaan panggul
- Memeriksa tekanan darah, urine, dan berat badan
- Memberitahu tentang tanggal jatuh tempo kelahiran sang bayi
- Dan tentu saja menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.


Trimester kedua dan ketiga dibahas di artikel selanjutnya ya bun..