baju muslim anak perempuan

Cara Mendidik Anak Perempuan

Cara Mendidik Anak Perempuan
Cara Mendidik Anak Perempuan

Mendidik anak perempuan dan laki laki tentu berbeda perlakuannya. Karena perbedaan jenis kelamin, berbeda juga naluri hidupnya sebagai manusia. Mendidik anak perempuan ini sangatlah penting terutama jika anak sudah mulai bersekolah.

1. Ajarkan Aurat

Perbedaan kentara antara anak perempuan dan anak laki laki adalah auratnya. Aurat anak perempuan lebih banyak daripada anak laki laki. Jaman sekarang ini banyak orang yang memiliki kelainan orientasi sexual kepada anak anak, yang biasa kita sebut pedofilia. Jika anak permepuan kita sudah mengetahui mana saja bagian tubuhnya yang mungkin bisa menggugah “selera” orang berkelainan sexual, maka kemungkinan anak kita mendapat malapetaka jadi berkurang.
Beritahukanlah pada anak kita seperti buah dada, alat kelamin, pantat harus dijaga. Dan jika ada orang dewasa yang memegang bagian tubuh tersebut, segeralah berteriak.


2. Bimbing menstruasi

Menstruasi adalah hal yang alamiah dialami anak perempuan. Kabarnya, sekarang anak perempuan lebih cepat mulai menstruasi dibandingkan anak perempuan jaman dahulu. Ajarkan pada anak anda bahwa menstruasi itu adalah hakikatnya seorang perempuan. Bimbing dia bagaimana cara menggunakan pembalut, bagaimana menindaklanjuti proses menstruasi. Hal ini mutlak harus diajarkan oleh orang tua, dikarenakan sekolah formal saat ini belum bisa mengakomodir hal tersebut.

Ajarkan juga pengetahuin science tentang menstruasi, tidak perlu secara detail. Buatlah se-umum mungkin dan semenarik mungkin. Dengan demikian sang anak akan memahami metbolisme dalam tubuhnya.


3. Bela diri

Ini yang sering terlewatkan oleh orang tua. Di era informasi ini, tingkat stress manusia kiat meningkat sehingga menyebabkan tingkat kriminalitas pun meningkat. Siapa sasaran empuknya? Tentu wanita, apalagi anak perempuan.

Bela diri ini tidak melulu harus bela diri perguruan seperti Taekwondo, Karate, Pencak silat, dan lain sebagainya. Mulailah mengajarkan anak anda untuk curiga terhadap orang yang tidak dikenal. Beritahu perilaku perilaku orang yang berniat jahat. Serta ajarkanalah dasar dasar mempertahankan diri, seperti berteriak, lari ke mana, menelpon kantor polisi, jam pulang, jajan yang baik, dan lain sebagainya.

Pendidikan ini sangat penting buat anak perempuan, jadi jangan anggap remeh ya moms.