baju muslim anak perempuan

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Bayi Baru Lahir
Bayi Baru Lahir
Pasti senang sekali kalau anak anda yang dinanti-nantikan selama 9 bulan lahir ke dunia, apalagi untuk yang pertama kali. wuihhh.... Namun dibalik kesenangan itu pasti ada rasa khawatir dan bingung tentang cara merawat bayi baru lahir. Mempersiapkan diri itu penting, ya dengan anda membaca artikel ini berarti anda sudah berusaha untuk mempersiapkan diri untuk merawat bayi anda.

Berikut bebera tips dari kami tentang cara merawat bayi baru lahir di rumah.


1. Jangan panik apalagi takut

Menjadi orang tua jangan panik menghadapi bayi, apalagi takut. Hal ini hanya akan membuat masalah tidak menjadi lebih baik. Meski anda baru pertama kali mengurus bayi, kepanikan dan ketakutan adalah hal pertama yang harus dibuang jauh jauh. Perlu anda sadari, bahwa bayi anda adalah anugerah terindah dalam hidup anda, dan percaya lah jika atas dasar rasa kasih sayang, tidak ada yang perlu ditakuti untuk merawat bayi yang baru lahir.

2. Jaga kondisi fisik

Ini yang sering terlupakan oleh orang tua baru. Mungkin karena terlalu antusias dan khawatir sehingga melupakan kondisi fisi kdiri sendiri. Usahakan diri anda sebagai orang tua tetap bugar dan sehat. Sempatkan olahraga, meski di dalam rumah. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Atur waktu tidur, ketika bayi anda tidur, anda juga ikut tidur. Ini menjaga siklus tubuh anda agar tetap bisa beristirahat

3. Utamakan sang bayi

Sesibuk sibuknya anda sebagai orang tua, utamakanlah bayi anda. Tunda semua pekerjaan jika ada urusan dengan bayi anda. Bukankah anak anda lebih utama daripada apapun di dunia ini? Camkan dalam hati anda hal itu. Jika pekerjaan hilang bisa dicari lagi, jika bayi anda terlalaikan, itu dosa besar.


4. Kerjasama

Dalam merawat bayi yang baru lahir, kerja sama antara ibu dan ayah sang bayi sangatlah penting. Jangan menumpu pada ibu melulu. Misal dalam memandikan, mengganti popok, menjaga, dan menggendong, ayah dan ibu harus sama sama bisa. Kecuali menyusui, ayah tentu tidak akan bisa. he he.

Kerja sama ini sangat penting untuk menjaga keharmonisan keluarga, sehingga tidak ada beban berlebih diantara ayah dan ibu. Selain itu bisa saling menutupi untuk merawat bayi bila salah satu jatuh sakit.

5. Memandikan bayi

Gunakanlah produk produk mandi yang khusus untuk bayi. Seperti sabun bayi, shampoo bayi, handuk lembut, spons, dan bak mandi bayi.

Bayi baru lahir, setidaknya membutuhkan mandi dua kali dalam seminggu. Terlalu sering mandi juga tidak baik untuk bayi, karena sistem pertahanan tubuhnya belum siap menghadapi air terlalu sering. Lalu sebelum tali pusar sang bayi copot, dianjurkan memandikan dengan menggunakan spons.


6. Mengganti popok

Banyak orang tua baru yang merasa kesulitan dalam mengganti popok. Sebenarnya hal ini mudah sekali dilakukan, asalkan belajar dengan sabar. Frekuensi bayi mengganti popok adalah sekitar 10 kali sehari, tergantung seberapa banyak asupan makanan yang diberikan pada bayi.

Gunakanlah popok kain untuk bayi yang baru lahir. Selain harganya jauh lebih murah dibandingkan popok satu kali pakai, popok kain juga lebih hangat untuk sang bayi.


7. Memberikan susu

Inilah satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh sang ayah, kecuali menggunakan ASI perah. Umumnya memberikan ASI pada bayi yang baru lahir itu dilakukan 10 sampai 20 kali sehari. Ini tergantung seberapa besar sang bayi.

Jangan tunggu bayi anda menangis baru memberikan ASI, berikanlah berkala. Karena jika bayi sudah menangis lalu diberikan ASI, ini akan sedikit membuat sulit untuk bayi menelan.




itulah tips singkat untuk merawat bayi, semoga bermanfaat ya moms.