baju muslim anak perempuan

Tips Anak Cepat Jalan

Tips Anak Cepat Jalan
Tips Anak Cepat Jalan
Anak bayi akan mulai untuk berjalan pada saat usianya sudah 10 – 19 bulan. Kasarnya umur 1 tahun pada umumnya bayi sudah bisa berjalan. Jika bayi tidak memiliki kecacatan fisik, tidak perlu dikhawatirkan kemampuannya untuk berjalan. Karena berjalan sudah ada dalam insting manusia. Namun banyak juga orang tua yang resah akan kapan anaknya bisa berjalan, oleh karenanya di sini Baju Yuli mencoba membagikan tips anak cepat jalan.


  1. Cobalah menstimulus rasa ingin berjalan dengan berlutut di depan bayi, lalu membuka kedua tangan seakan ingin memeluk sang bayi. Dengan ini gairah sang bayi untuk berjalan akan meningkat dengan drastis.
  2. Biarkan bayi telanjang kaki, tanpa kaos kaki, sendal atau benda apapun di kakinya. Hal ini untuk memudahkan bayi merasakan sendiri kakinya. Jika harus menggunakan alas kaki, usahakan alas kaki yang rata dan dari karet, agar bayi tidak terpeleset.
  3. Biarkan bayi anda bergerak bebas. Proses berjalan dimulai dari merangkak, mencoba berdiri, hingga berjalan. Ketika merangkak ke sana kemari, jangan batasi anak anda. Hal ini penting untuk melatih mobilitas sang bayi.
  4. Ketika sudah berhasil berdiri dan mulai untuk berjalan, sangga lah tangan anda di ketiak sang bayi. Ini untuk mengajarkan keseimbangan.
  5. Saat anak anda mulai untuk berdiri biarkan dia untuk memegang tangan anda, sehingga sang bayi menarik badannya dengan kekuatan tangan. Karena kaki bayi belum terbiasa menopang berat badannya sendiri.
  6. Jauhkan perabot yang bisa menciderai bayi. Misalkan piring di atas meja, guci yang besar, dan lain sebagainya. Karena jika bayi mulai belajar jalan dan mendapatkan cedera, dikhawatirkan memberikan efek trauma untuk mencoba berjalan.
  7. Gunakan baby harness. Alat baby harness ini merupakan tali yang dikaitkan ke badan bayi, ini untuk menjaga mobilitas sang bayi. Khususnya di kawasan yang ramai seperti mall.
  8. Jangan memaksakan terlalu berlebih. Seperti ditulis di paragraf awal, berjalan merupakan insting manusia. Kita sebagai orang tua tidak usah terlalu ngotot agar anak kita dapat segera berjalan. Bersabarlah.

Baca juga: