baju muslim anak perempuan

Tips Membuat Anak Rajin Mengaji

Tips Membuat Anak Gadis Rajin Mengaji: dari Keteladanan Sampai Hadiah Berupa Baju Anak Perempuan

Mendidik anak perempuan adalah amanah besar yang harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Anda sebagai orang tua perlu mengajarkan banyak hal. Bagi Anda yang muslim, tentu Anda harus mengajarkan anak untuk rajin mengaji. Namun, anak-anak sering kali lebih suka bermain daripada mengaji.
Untuk membuat mereka semakin rajin mengaji, dibutuhkan usaha secara terus-menerus. Usahanya pun bermacam-macam, mulai dari orang tua memberi teladan sampai hadiah berupa baju anak perempuan atau lainnya. Berikut tips selengkapnya.

Anak Perempuan Berprestasi Mengaji
Anak Perempuan Berprestasi Mengaji

  1. Keluarga Menjadi Teladan

Pendidikan seorang anak selalu dimulai dari keluarga. Anak-anak akan mencontoh kebiasaan keluarganya. Karena itu, agar anak Anda rajin mengaji, Anda pun harus memberi teladan. Anda sendiri harus membiasakan diri mengaji dan membiarkan putri kesayangan mendengarnya.

  1. Memberi Pengertian Pentingnya Mengaji dan Manfaatnya

Selain memberi teladan, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memberi pengertian akan pentingnya mengaji. Anda harus membuat anak Anda mengerti bahwa mengaji Alquran merupakan rukun iman.
Anda juga perlu menjelaskan manfaat dari mengaji bagi kehidupan. Misalnya, manfaat dalam mendapat petunjuk, ketenangan hati, mendapat ilmu, terhindar dari perbuatan buruk, mencerdaskan otak, dan mengobati penyakit. Selain itu, jelaskan juga tentang konsep kematian dan hari kiamat, agar si kecil mulai belajar tentang pentingnya mengaji untuk mendapat pertolongan pada hari kiamat.
Agar ia semakin memahami manfaat mengaji, gunakan contoh nyata seperti kisah-kisah orang besar yang sukses karena rajin mengaji.

  1. Siapkan Tempat Belajar yang Nyaman dan Jadwal Teratur

Tidak semua anak dapat berkonsentrasi mengaji di masjid atau musala bersama banyak anak lain. Jika putri Anda adalah salah satu anak yang mengalami masalah konsentrasi seperti ini, siapkan tempat belajar mengaji khusus yang nyaman.
Selain tempat, jadwal mengaji juga sebaiknya dibuat teratur. Jadwal ini bermanfaat untuk membentuk kebiasaan anak-anak. Misalnya, Anda membuat jadwal mengaji si kecil setelah Asar. Mereka akan cepat belajar bahwa mereka tidak dapat bermain di waktu tersebut.

  1. Gunakan Sistem Mengaji yang Menarik

Untuk membuat anak-anak semakin rajin mengaji, gunakan sistem belajar yang menarik. Jika anak-anak sudah sampai pada Alquran, gunakan murattal pilihan untuk mereka dengarkan. Kalau anak-anak masih belajar iqra, gunakan iqra warna-warni yang menarik dan selingi pelajaran dengan video atau metode mengaji kreatif lainnya.
Selain harus menarik, orang tua dan guru mengaji harus mengajari anak-anak dengan sabar. Setiap anak memiliki kecepatan berbeda-beda dalam memahami pelajaran. Teguran ketika mereka tak bisa membaca iqra atau Alquran dengan lancar hanya akan membuat mereka malas mengaji. Karena itu, lebih baik bimbing mereka pelan-pelan.

  1. Berikan Pujian dan Hadiah

Kalau anak Anda telah rajin mengaji, seringlah untuk memberi pujian. Pujian ini akan membuat mereka semakin bersemangat. Anda juga boleh memberikan hadiah pada saat tertentu, misalnya saat mereka berhasil menyelesaikan satu jilid iqra. Bagi anak perempuan, salah satu hadiah yang paling menarik adalah baju anak perempuan seperti gamis.
Baju anak perempuan menjadi pilihan menarik karena anak-anak biasanya semakin bersemangat ketika memakai baju baru. Selain itu, Anda dapat membelikan gamis atau baju muslim yang cocok untuk dipakai mengaji. Dengan cara itu, Anda dapat mengajarkan si kecil untuk menutup aurat sehingga mereka memiliki kebiasaan ini ketika sudah masuk akil balig kelak.
Untuk mendapatkan baju anak perempuan yang berkualitas baik, tetapi harganya terjangkau, Anda dapat mengunjungi Bajuyuli.com. Ada banyak pilihan baju yang bisa Anda jadikan hadiah untuk putri kesayangan yang rajin mengaji.