baju muslim anak perempuan

Cara Update Stock Massal di Shopee

Cara update stock massal di Shopee
Cara update stock massal di Shopee
Shopee merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang sangat memudahkan pelanggan dan penjual dalam melakukan transkasi jual beli. Yang namanya website menjual produk secara online haruslah segalanya serba otomatis, karena dengan demikian akan memudahkan para pengguna. Ini adalah artikel bagaimana caranya mengubah stok aktual barang dagangan kita di Shopee agar sama dengan kenyataan di gudang, sehingga pembeli tidak perlu lagi menanyakan ketersediaan stok barang dagangan. Dan anda pun sebagai pedagang tidak perlu lagi mengalami barang habis tetapi ada order yang masuk sehingga mempengaruhi reputasi anda di Shopee.

1. Harus menggunakan PC / Laptop

Hal mutlak agar dapat melakukan memperbaharui update stock massal di Shopee adalah dengan  menggunakan PC atau laptop, karena jika melalui HP, akan sangat sulit dilakukan, karena membutuhkan program Microsoft Excel.

2. Stock Opname

Stock opname atau menghitung stok aktual saat ini wajib anda lakukan sesering dan se-efektif mungkin. Untuk dapat melakukan update stok massal di Shopee, anda harus punya database stok opname terbaru dari barang dagangan anda. Perlu diingat, nama barang yang ada di tabel stock opname anda, harus sama persis dengan nama barang (SKU) yang ada di Shopee. berikut contoh tabel stok yang Bajuyuli miliki:

tabel stok Bajuyuli untuk Shopee
tabel stok Bajuyuli untuk Shopee


3. Download Tabel stok Shopee

Cara download tabel stock Shopee adalah sebagai berikut:
masuk ke https://seller.shopee.co.id/ --> Produkku --> Mass Update --> Ubah Produk --> Ubah Informasi Produk --> Download

Ubah produk di Shopee
Ubah produk di Shopee

klik ubah informasi produk di Shopee
klik ubah informasi produk di Shopee

Dowonload dan buka file tabel dari Shopee
Dowonload dan buka file tabel dari Shopee


Menggunakan formula VLOOKUP untuk stok aktual

Setelah berhasil mendownload file template informasi produk dari Shopee, anda tidak bisa langsung mengubah/edit file tersebut, anda harus klik file --> cari protect workbook --> klik unprotect

cara unprotect tabel informasi produk Shopee
cara unprotect tabel informasi produk Shopee
Setelah berhasil membuka file excel, perhatikan file template informasi produk yang anda buka. Dan perhatikan tabel No. SKU, data yang ada di kolom ini harus sama dengan data stock opname yang anda miliki.

no SKU template ubah informasi produk di Shopee
no SKU template ubah informasi produk di Shopee


Syarat lain untuk melakukan update stock massal di Shopee adalah anda setidaknya harus faham dasar dasar formula yang ada di Microsoft Excel, khususnya fungsi LOOKUP. Jika anda sudah menguasai fungsi VLOOKUP, anda tinggal buat formula di tabel yg baru didownload dari Shopee, yang terhubung dengan tabel sotck opname aktual anda. Perlu diingat, nama SKU harus persis sama ya antara kedua file tersebut.

fungsi VLOOKUP untuk update stok massal di Shopee
fungsi VLOOKUP untuk update stok massal di Shopee

Setelah keseluruh SKU terkoneksi dengan data tabel stock opname anda, save file tersebut, dan upload lagi ke Shopee --> dan klik SIMPAN.


Jika menemukan error, coba lagi mengubah data di template informasi produk. Coba terus step step di atas dengan lebih teliti. Setelah mahir, anda tidak perlu khawatir lagi ada pembeli yang membeli produk anda di Shopee tapi ternyata barangnya habis.


Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.