baju muslim anak perempuan

Cara Memilih Toko Online Dropship yang Baik


dropshipper toko online


Saat ini melakukan dropship di jagat jual beli online merupakan hal lumrah, banyak sekali para penjual online yang sebenarnya dia tidak memiliki barang, tapi bisa mendapat keuntungan dari menjual barang yang tidak dia miliki. Bagi yang belum tau, arti dropshipper adalah seseorang yang menjual suatu barang tanpa pernah memiliki/membeli barang tersebut terlebih dahulu. Dengan kata lain, dropshipper ini seperti perantara antara toko dengan pelanggan.

Namun kami lebih suka menyebut para dropshipper kami sebagai "marketing bayangan". Bagi anda pemilik toko, khususnya toko online, "peliharalah" dropshipper anda dengan baik, karena dropshipper tersebut membantu sekali dalam pemasaran produk anda. Dibayarnya pakai apa? biasanya para dropshipper ini sudah menetapkan harga yang lebih tinggi daripada harga yang anda jual.

Nah bagi anda yang mau memulai bisnis dropship, berikut tips untuk memilih toko online yang cocok untuk dijadikan tempat dropshipper online anda.

1. Pastikan toko tersebut selalu restok

proses restock gudang
proses restock gudang

Jika anda mulai memasarkan produk dari Toko A, dan akhirnya mendapatkan pelanggan yang ingin membeli produk tersebut melalui anda, pasti akan sangat menjengkelkan sekali jika ternyata produk tersebut sedang kosong, atau bahkan sudah tidak akan produksi lagi.

Nah hindarilah memilih toko yang selalu berganti ganti produk yang dijualnya. Pastikan toko tersebut selalu menambah kembali stok barang ketika barang tersebut habis.

2. Pastikan mengambil langsung ke produsen

produsen jahit baju
produsen jahit baju

Jangan sampai anda melakukan dropship dari toko orang yang merupakan dropship juga ke toko lain, hal ini akan membuat barang anda semakin melambung harganya dari pasaran. Dan memperkecil peluang produk yang anda jual ini laku.

Nah ciri ciri toko online yang memproduksi barangnya sendiri diantara lain:

  • harga tidak bisa ditawar. Kalau harga barang tersebut tidak bisa ditawar, kemungkinan besar toko online tersebut melakukan produksinya sendiri, dan tidak takut kehilangan pelanggan. Karena sudah memiliki banyak pelanggan.
  • Menanggapi komplain pelanggan dengan baik. Coba cek website resminya, akun socmed-nya, dan yang lain lain. Bagaiman si toko menanggapi komplain dari pembeli? Jika menanggapi komplain dengan cepat, bisa dipastikan toko tersebut produsen langsung. Karena jika toko tersebut ternyata dropshipper juga, komplain pelanggan akan lambat di-respon, karena jalur komunikasinya yang panjang (Toko produsen - dropshipper - pelanggan).

3. Pengiriman yang cepat

Kalau anda melakukan dropship dari toko yang pengirimannya lambat, ini hanya akan membuat customer anda kesal menunggu. Dan anda akan ditagih terus kapan barang akan dikirim, sehingga pelanggan-pun akan meragukan bahwa apakah benar barang yang pelanggan pesan benar-benar ada?

Maka carilah toko online yang mampu memberikan servis pengiriman cepat, minimal 1x sehari.

4. Customer service yang responsif

customer servis yang ramah
customer servis yang ramah

Seperti disebutkan di poin no 2, jalur komunikasi dropship itu panjang, membuat komunikasi anda dengan pelanggan bisa tidak tangkas dan cepat. Nah kalau anda bisa menemukan toko online yang menjawab pertanyaan pertanyaan anda dengan cepat dan tepat, toko tersebut sangat cocok sekali untuk anda jadikan tempat dropship anda.

---

Nah dari ke-empat 4 di atas, toko kami Bajuyuli yang menyediakan baju muslim anak, hampir memenuhi semua kriteria tersebut.

1. pastikan selalu restok ⇨ ya, kamu selalu memproduksi ulang 90% produk yang kami tampilkan
2. Pastikan mengambil langsung ke produsenya
3. Pengiriman yang cepat ya, kami melakukan pengiriman 2x sehari! baca: Pengiriman Cepat Kunci Sukses Jualan Online
4. CS yang responsifsejujurnya sampai tulisan ini dibuat, CS kami belum terlalu responsif, karena keterbatasan sumber daya yang kami miliki. Semoga saja dalam waktu dekat, kami bisa memperbaikin hal ini.

--

Sekian, semoga sukses dalam menjadi dropshipper online!