baju muslim anak perempuan

Cara Mudah Belanja dengan Saldo Tokopedia

Menambahkan Saldo Tokopedia


Berbelanja melalui teknologi online kini bukan lagi menjadi sebatas tren, melainkan suatu kebutuhan. Pasalnya di zaman yang menuntut segala sesuatunya lebih cepat dan praktis, berbelanja secara online memang jauh lebih memudahkan. Hanya dengan beberapa klik, proses belanja dapat diselesaikan. Dengan demikian, ada banyak waktu dan tenaga yang dihemat dan dapat dialokasikan untuk aktivitas lainnya.

Namun kepraktisan ini pun tidak berhenti berkembang. Tokopedia sebagai salah satu online marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia contohnya, juga terus berusaha membuat transaksi belanja menjadi semakin mudah dan nyaman. Untuk fitur pembayaran misalnya, kini pembeli diberikan pilihan yang semakin menarik.

Bila sebelumnya pembayaran hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau transfer bank, Tokopedia kini menyediakan fitur saldo. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan uang elektronik alias e-money. Pembeli cukup melakukan top up pada akun yang dimiliki lalu melakukan pembayaran dengan saldo tersebut.

Cara Isi Ulang Saldo Tokopedia

Awalnya, fitur ini hanya diperuntukkan bagi penjual online atau pembeli yang melakukan kelebihan pembayaran maupun pembatalan transaksi. Namun kini setiap pemilik akun Tokopedia dapat menikmatinya dengan mengisi saldo dengan cara berikut.
  1. Log in ke akun Tokopedia yang sudah dimiliki.
  2. Jika menggunakan desktop, fitur Top Up dapat ditemui pada menu Saldo yang berada di laman utama. Jika menggunakan aplikasi pada ponsel, fitur ini ada di menu Pembayaran.
  3. Pilih nominal top up yang akan dilakukan. Sebagai informasi, pilihan penambahan saldo yang tersedia adalah Rp100.000,00, Rp250.000,00, Rp500.000,00, Rp1.000.000,00, Rp2.000.000,00, dan Rp5.000.000,00. Adapun batas maksimal isi ulang saldo setiap harinya adalah Rp10.000.000,00.
  4. Pilih metode pembayaran dengan mengklik tombol Bayar. Cara pembayaran ini tidak jauh berbeda dengan pembayaran belanja seperti biasanya, yakni melalui kartu kredit (VISA, MasterCard, JCB, dan Debit Online), BCA KlikPay, KlikBCA, Mandiri E-Cash, Mandiri KlikPay, E-Pay BRI, Indomaret, Alfamart, Pos Indonesia, dan 7-Eleven.
  5. Bila pembayaran telah sukses, tunggu beberapa saat. Saldo Tokopedia akan terisi secara otomatis dan siap untuk digunakan.

Cara Pembayaran Belanja Menggunakan Saldo Tokopedia


Kini setelah saldo terisi, saatnya untuk berbelanja menggunakan fitur ini. Terlepas dari penggunaannya yang lebih praktis, secara umum cara pembayaran belanja dengan saldo tidak jauh berbeda dengan metode pembayaran lainnya.
  1. Pilih barang yang akan dibeli.
  2. Cek kembali barang yang akan dibeli, lalu pastikan jumlah yang harus dibayarkan telah sesuai (termasuk dengan biaya pengiriman sesuai jasa yang digunakan). Setelah itu, pilih metode pembayaran.
  3. Pilih metode pembayaran dengan Saldo. Pada laman akan terlihat jumlah saldo yang dimiliki.
  4. Setelah diklik, layar akan menunjukkan total pengurangan saldo. Lanjutkan dengan mengklik tombol Bayar.
  5. Masukkan password akun Tokopedia untuk verifikasi.
  6. Tunggu sesaat. Jika pembayaran berhasil, layar akan menampilkan informasi tersebut.

 

Cara Pembayaran dengan Saldo Sebagian


Ada kalanya, jumlah saldo yang tersisa tidak mencukupi total pembayaran yang harus dilakukan. Untuk mengatasinya, pembeli dapat membayar belanjaan dengan kombinasi saldo dan metode pembayaran lainnya.
  • Melalui Desktop
  1. Pilih barang.
  2. Pilih metode pembayaran.
  3. Pilih checkbox Gunakan Saldo Sebagian.
  4. Masukkan kata sandi akun Tokopedia.
  5. Pilih Bayar Sekarang.
  • Melalui Android
  1. Pilih barang.
  2. Klik Pilih Metode Pembayaran Dulu.
  3. Pilih metode yang diinginkan.
  4. Masukkan nominal saldo yang ingin dibayarkan.
  5. Klik Checkout.
  6. Masukkan password akun Tokopedia.
  7. Pilih Bayar Sekarang.
  • Melalui iOS
  1. Pilih barang.
  2. Klik pilihan Pilih pada bagian Pilih Pembayaran.
  3. Pilih metode pembayaran.
  4. Aktifkan pilihan Gunakan Saldo Tokopedia.
  5. Masukkan nominal saldo yang ingin dibayarkan.
  6. Klik Checkout.
  7. Masukkan password akun Tokopedia.
  8. Pilih Bayar Sekarang.
Demikianlah cara menggunakan saldo Tokopedia untuk melakukan pembayaran belanja. Lebih praktis, bukan?

Baca juga: