baju muslim anak perempuan

Cara Menambahkan Produk Baru di Tokopedia Melalui PC / Laptop

Mendengar nama Tokopedia mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tokopedia merupakan salah satu marketplace (wadah berjualan online) yang sedang naik daun di Indonesia. Dengan segala fiturnya, Tokopedia memberikan kemudahan bagi siapa saja agar dapat berjualan atau membeli barang di marketplace tersebut. Kali ini Bajuyuli  akan  membahas tutorial cara menambahkan produk baru di marketplace Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Pertama adalah login akun Tokopedia dan klik tombol tambah produk di pilihan Toko.

klik tambah produk di Tokopedia
klik tambah produk di Tokopedia

Setelah itu akan muncul daftar isian produk baru yang akan ditambahkan. Terdapat 6 kategori dalam pengisian produk baru, yaitu Informasi produk, Harga, Pengelolaan Produk, Deskripsi Produk, Pengiriman dan Pengembalian Produk. 



INFORMASI PRODUK

Kolom ini berisi informasi produk secara umum yang akan ditambahkan, gambar, nama produk dan kategori. Ukuran masing-masing gambar yang harus diupload adalah 10 MB. Untuk nama produk hendaknya mencantumkan kategori yang lengkap dan mudah dilacak karena nama produk adalah keyword penting agar barang kita bisa dengan mudah dilacak pembeli.
informasi produk saat menambahkan produk baru di Tokopedia
informasi produk saat menambahkan produk baru di Tokopedia

HARGA

Kolom ini berisi jumlah minimum pembelian dan harga barang yang akan dijual. Tokopedia tidak membebankan fee untuk setiap produk yang dijual. Beberapa marketplace yan lain membebankan fee 1% - 15% untuk setiap produk yang dijual.
memasukkan harga saat menambahkan produk di Tokopedia
memasukkan harga saat menambahkan produk di Tokopedia
ketersediaan stok upload produk di Tokopedia
ketersediaan stok upload produk di Tokopedia


PENGELOLAAN PRODUK

Pengelolaan produk berisi status produk dan varian produk. Varian produk disini maksudnya adalah keanekaragam produk, sebagai contoh warna dan ukuran.
varian produk saat upload produk di Tokopedia
varian produk saat upload produk di Tokopedia


DESKRIPSI PRODUK

Kolom ini berisi kondisi produk, deskripsi produk, dan video produk (jika ada). Deskripsi produk sebaiknya diisi selengkap mungkin agar pembeli tahu secara rinci barang yang akan dibeli sesuai dengan keinginan atau tidak. Seringkali terjadi penipuan pembelian barang secara online karena barang yang dijual tidak mencantumkan deskripsi yang lengkap dan jelas. Mari bersama-sama menjadi penjual yang jujur dengan mencantumkan deskripsi produk yang lengkap dan jelas.


PENGIRIMAN
Kolom pengiriman berisi perkiraan berat paket yang akan dikirim, asuransi dan sistem preorder.


PENGEMBALIAN PRODUK

Kolom ini berisi konfirmasi penjual jika terjadi pengembalian barang maka ongkos kirim ditanggung oleh penjual. Jika semua data telah diisi maka anda dapat langsung menekan tombol simpan.

Lalu akan muncul notifikasi bahwa produk telah berhasil ditambahkan. Selesai.