baju muslim anak perempuan

Marketplace Terbaik di Indonesia

Udah tau marketplace kan? Marketplace itu ya semacam mall, namun online. Orang juga kadang menyebutnya dengan Mall Online. Nah di artikel kali ini, kami akan membahas peringkat marketplace terkemuka di Indonesia.

marketplace terbaik di Indonesia
marketplace terbaik di Indonesia
Kalau website lain menyajikan penilaian marketplace secara subjektif, sekarang kami coba menyajikan peringkat marketplace dalam bentuk tabel dengan parameter-parameter Alexa Rank, Google Index, Facebook Likes, Instagram Followers, Youtube Subscriber, Apps Download di Playstore. Nanti di akhir akan kita totalkan.

====
Alexa Rank (Indonesia) Google Index Facebook Likes Instagram Followers Youtube Subscriber Apps Download Playstore
Tokopedia 6 16.600.000 4.949.528 355.000 65.901 10.000.000
Shopee 48 3.110.000 8.169.382 637.000 20.530 10.000.000
Lazada 24 126.000 22.044.625 531.000 108.908 50.000.000
Buka Lapak 8 89.500.000 1.987.578 245.000 142.244 10.000.000
Blibli 28 2.410.000 7.111.066 157.000 47.339 5.000.000
Elevenia 234 1.900.000 1.205.780 118.000 46.090 5.000.000
====

Sebelum pembahasan penilaian marketplace, kami akan jelaskan definisi dari parameter-parameter yang digunakan terlebih dahulu.

1. Alexa Rank (Indonesia)

Alexa Rank (Indonesia) menunjukkan peringkat suatu situs marketplace yang didasarkan pada banyaknya jumlah pengguna yang masuk ke dalam situs tersebut. Semakin banyak pengguna yang masuk ke dalam situs tersebut maka urutan Alexa Rank yang diperoleh akan semakin baik (peringkat 1 menunjukkan peringkat paling baik), namun jika Traffic pengunjung sangatlah sedikit maka urutan Alexa Rank yang diperoleh akan semakin buruk.
Alexa rank ini mendapatkan penilaiannya dari browser/HP yang meng-install Alexa Toolbar, dan tidak semua HP dan Browser di dunia menggunakan Alexa Toolbar. Sehingga sistem penilaian Alexa rank ini sebenarnya tidak represntatif sepenuhnya.

2. Google Index

banyaknya jumlah halaman yang masuk ke daftar pencarian google disebut Google Index. Semakin banyak halaman suatu website yang ter-index oleh Google, kemungkinan besar semakin populer website tersebut.

3. Facebook Likes

Facebook Likes menunjukkan jumlah pengguna yang menyukai (likes) facebook page marketplace tertentu. Dengan mengikuti facebook page marketplace, para pengguna akan dapat mengetahui dengan mudah info terkini dari marketplace tersebut.

4. Instagram Followers

Instagram Followers menunjukkan seberapa banyak jumlah pengguna Instagram yang mengikuti akun instagram dari marketplace tertentu. Dengan mengikuti akun instagram marketplace, para pengguna Instagram akan dapat mengetahui dengan mudah info terkini dari marketplace tersebut.

5. Youtube Subscriber

Youtube subscriber menunjukkan jumlah pengguna yang berlangganan pada channel marketplace tertentu. Dengan subscribe, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan via email jika marketplace langganan mengunggah video yang baru sehingga pengguna akan selalu mengetahui info terkini dari marketplace tersebut.

6. Apps Download Playstore

Apps Download Playstore menunjukkan seberapa banyak aplikasi marketplace tersebut diunggah pada aplikasi Playstore. Menggunggah aplikasi marketplace pada handphone dapat memudahkan pengguna untuk dapat membeli barang di marketplace tertentu.

Analisis marketplace terbaik di Indonesia

Sekarang mari kita bahas satu per satu peringkat marketplace berdasar pada setiap parameter.
Jika dilihat dari Peringkat Alexa, maka Tokopedia mendapatkan peringkat teratas. Hal ini bisa disebabkan karena Tokopedia merupakan perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor di balik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple & Google. Dengan dana tersebut wajar jika Tokopedia bisa mendongkrak peringkat Alexa dengan memanfaatkan iklan yang besar-besaran. Peringkat kedua Alexa diduduki oleh Bukalapak dan peringkat ketiga diduduki oleh Lazada. 

Peringkat pertama Google Index diduduki oleh Bukalapak, hal ini menunjukkan bahwa para pengguna Google lebih sering menemukan Bukalapak daripada marketplace lain. Bukalapak memang marketplace dengan SEO organik terbaik, maksudnya struktur website dari Bukalapak ini memang paling baik dibandingkan yang lain dari sudut pandang Google. Jadi gak aneh kalau Google lebih banyak meng-index Bukalapak ketimbang yang lainnya. Perlu digaris bawahi, jumlah Google Index Lazada sangat kecil dibanding yang lain mungkin karena sistem Google sedang melakukan re-index, data google tersebut kami ambil tanggal 06 maret 2018.

google Index Lazada Indonesia
google Index Lazada Indonesia

Peringkat pertama Facebook likes diduduki oleh Lazada, lalu diikuti oleh Shopee dan Blibli.com. Untuk Instagram Followers perbedaanya tidak terlalu signifikan. Peringkat pertama Instagram Followers diduduki oleh Shopee, peringkat kedua Lazada, dan peringkat ketiga Tokopedia. Untuk Youtube Subscriber peringkat pertama diduduki oleh Bukalapak dengan Buka Talks-nya. Selanjunya diikuti oleh Lazada dan Tokopedia. Terakhir, peringkat pertama Apps Download diduduki oleh Lazada. Aplikasi Lazada menjadi sangat digemari karena Aplikasi Lazada sangat user friendly. Selain itu, Lazada menawarkan fitur Gratis Ongkir Produk Impor sehingga menarik perhatian pengguna. Pada tahun 2015 Lazada mendapatkan penghargaan  Indonesia Cellular Award 2015 dalam kategori Best Online Shop App. Aplikasi ini menawarkan metode pembayaran yang aman dan garansi uang kembali jika tidak puas dengan barang yang diterima.

Berdasarkan data di atas, kami menyimpulkan bahwa Lazada adalah marketplace terbaik di Indonesia.

Meski demikian, bagi penjualan Bajuyuli sendiri, jalur penjualan terbanyak adalah Shopee, Tokopedia, baru Lazada.

Jadi apa marketplace terbaik menurut anda?


Baca juga: