baju muslim anak perempuan

Cara Belanja Mudah di Bukalapak pakai Bukadompet

Bukalapak terus memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur terbaru. Selain bekerja sama dengan bank-bank terkemuka di Indonesia, Bukalapak kini memiliki fitur pembayaran digital sendiri, yaitu Bukadompet.
Setiap pengguna Bukalapak dapat mengakses fitur dompet virtual ini. Penjual dan pembeli sama saja, keduanya akan mendapatkan berbagai kemudahan lewat Bukadompet. Transaksi berjalan lebih cepat, bahkan meski terjadi pembatalan sekalipun. Jumlah saldo rekening Bukadompet akan berubah secara real-time dan langsung terkonfirmasi secara otomatis.

Fitur dompet virtual terbaru dari Bukalapak ini berfungsi sebagai pengganti rekening bank. Caranya hampir sama, yakni menggunakan sistem pengisian ulang saldo (top-up). Penambahan saldo pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lewat transfer, menggunakan BCA KlikPay (KlikBCA Individu), Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks, atau Rekening Ponsel, Indomaret, Alfamart, dan Pos Indonesia. Saldo bisa diisi dengan nominal paling sedikit Rp10.000,- maksimal 2 kali sehari.

Cara mengisi saldo Bukadompet adalah dengan membuka akun Bukalapak Anda dan mengakses menu Bukadompet. Pada laman tersebut akan tampak tombol ‘Tambah Saldo’. Klik tombol tersebut untuk melakukan isi ulang. Selanjutnya, tentukan nominal dan pilih metode pembayarannya. Setelah saldo terisi, barulah Anda bisa menggunakan metode pembayaran via Bukadompet dalam berbelanja.
Sedangkan untuk berbelanja dengan Bukadompet, caranya adalah sebagai berikut:

1. Sebelum mulai memilih barang, ada baiknya jika Anda login terlebih dahulu, karena fitur Bukadompet hanya dapat diakses oleh pemilik akun Bukalapak. Sesudah itu, barulah Anda bisa mencari produk yang diinginkan.

login Bukalapak
login Bukalapak 


2. Temukan produk yang dimaksud, lalu klik ‘Beli’ atau ‘Beli Sekarang’. Kemudian Anda akan diarahkan ke laman detail pembelian. 

pilih produk belanja di Bukalapak
pilih produk belanja di Bukalapak


3. Berikutnya, Anda harus mengisi data pembeli yang diminta secara lengkap. Mulai dari nama, alamat pengiriman, dan nomor telepon aktif, jika sewaktu-waktu diperlukan.

alamat pengiriman belanja di Bukalapak
alamat pengiriman belanja di Bukalapak


4. Jika sudah, perhatikan kolom ‘Ringkasan Belanja’. Di situ Anda akan menemukan metode pembayaran menggunakan ‘Bukadompet’, klik tombol tersebut.

pilih Bukadompet untuk belanja mudah di Bukalapak
pilih Bukadompet untuk belanja mudah di Bukalapak


5. Anda memasuki laman pembayaran via Bukadompet. Di sini akan ditampilkan jumlah saldo Anda, jumlah biaya yang harus dibayarkan, dan jumlah saldo sisa usai melakukan transaksi. Jika sudah jelas, lanjutkan dengan mengikuti langkah berikutnya. Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Bukalapak. Jika sudah, klik tombol ‘Lanjut’.

6. Pembayaran berhasil dilakukan dan akan terverifikasi secara otomatis. Sekarang, tinggal menunggu pesanan Anda sampai ke alamat tujuan. 



Cara yang mudah, bukan? Inilah keuntungan berbelanja menggunakan fitur Bukadompet di Bukalapak. Pembayaran langsung terverifikasi, sehingga penjual dapat segera memproses pesanan Anda. Adapun jika penjual gagal memberikan pelayanan sesuai harapan, pengembalian dana (refund) bisa dilakukan lebih cepat.


Fitur ini juga menguntungkan penjual. Melalui perantara rekening Bukadompet, penjual akan langsung mendapatkan konfirmasi pembayaran, sesaat setelah pembeli menyelesaikan transaksi. Proses pencairan dana pun dapat dilakukan saat itu juga. Dengan jumlah minimal Rp25.000,-, Bukalapak akan mentransfer sejumlah nominal yang diinginkan dalam waktu maksimal 1x24 jam.

Seperti layaknya rekening bank, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk dapat mengecek mutasi dana. Aliran dana dari dan menuju rekening Bukadompet bisa diunduh dari laman profil masing-masing pengguna. Tentukan sendiri periode mutasi dan unduh laporan keuangan yang diinginkan. Data akan diunduh dalam format .csv yang bisa dibuka dari Microsoft Excell. 

Bukalapak sedang melakukan optimasi fitur Bukadompet, dengan mengajukan lisensi rekening virtual ini ke Bank Indonesia. Selama menjalani proses tersebut, Bukalapak menonaktifkan fitur isi ulang saldo Bukadompet. Tapi jangan berkecil hati, karena transaksi pembayaran via Bukadompet masih bisa dilakukan. Sisa saldo Bukadompet pun juga masih bisa dicairkan.