baju muslim anak perempuan

5 Masjid Termegah di Dunia

5 masjid termegah di dunia

Masjid memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan dakwah Islam dan penyebaran syiar-syiar agama Islam. Di sanalah tempat didirikan sholat jama’ah dan berbagai kegiatan kaum muslimin. Masjid merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi ini. Di sanalah tempat peribadatan seorang hamba kepada Allah, memurnikan ibadahnya hanya untuk Allah semata. Dari sanalah titik pangkal penyebaran tauhid.

Allah telah memuliakan masjid-masjid-Nya dengan tauhid. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. (QS. Al Jin: 18)
banyak sekali masjid di dunia ini,dan ada 5 masjid termegah di dunia yaitu ;

1. Masjid Al Nabawi

Masjid ini selain merupakan masjid termegah di dunia, juga merupakan masjid terbesar setelah masjid Al Haram Mekkah. Masjid yang terletak di kota Madinah, Arab Saudi merupakan masjid dengan nilai sejarah yang amat tinggi karena masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad saw. Di masjid ini juga terdapat Grenn Dome atau kubah hijau yang merupakan makam Rasulullah saw. Kubah ini berdiri kokoh dan berada di tengah masjid. Masjid Nabawi memiliki luas 100.000 m2 dengan palataran lantai atas masjid seluas 67.000 m2 dan luas pelataran masjid seluas 135.000 m2.

2. Al Masjid al Haram

Al Masjid Al Haram merupakan masjid terbesar di dunia dan juga merupakan masjid tersuci bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam masjid ini terdapat kiblat bagi seluruh umat islam yaitu ka’bah sehingga masjid masjid di sekeliling Al Masjid Al Haram semuanya menghadap ke Al Masjid Al Haram.Kabah yang menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim diyakini sebagai rumah pertama yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Putranya Nabi Ismail untuk beribadah kepada Allah swt dan memiliki nilai sejarah tinggi. Al Masjid Al Haram memiliki luas 400.800 m2 dan dapat menampung hingga 4 juta jemaah haji dari seluruh dunia.

3. Masjid Faisal

Masjid Faisal merupakan masjid terbesar yang ada di Pakistan, yang terletak di ibukota Islamabad. Masjid yang berbentuk seperti tenda gurun Badui ini dirangcang oleh arsitek Turki Vedar Dalokay. Masjid ini dinamai oleh Raja Arab Saudi Raja bin Abdul-Aziz yang telah membiayai pembangunan masjid ini.Masjid Islamabad merupakan masjid terbesar di Asia Selatan dan juga merupakan masjid Ke empat terbesar di dunia setelah masjid Hassan II di Casablanca, Maroko, masjid Nabawi di Madianah dan Al Masjid Al haram di Mekkah.

4. Masjid Hassan II

Merupakan masjid dengan menara tertinggi di dunia yaitu mencapai 210 m. Masjid ini berdiri di atas tanjung dan mengahadap ke Samudera Atlantik. Sama dengan masjid Faisal di Islamabad masjid ini juga dibiayai oleh Arab Saudi dengan sentuhan interior yang mempesona. Pada malam hari dari atas menara terdapad sebuah sorotan bersinar ke arah Mekkah, masjid ini juga dirancang untuk dapat tahan terhadap gempa, memiliki pintu listrik dan juga atap geser. Selain itu masjid ini juga dibuka untuk umum bahkan non muslim sekalipun dapat menikmati kemegahan dari masjid ini

5. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan

Masjid termegah di dunia selanjutnya yaitu Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan. Masjid ini terletak di ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Masjid ini diprakarsai oleh almarhum presiden Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang terletak di samping makamnya. Luas masjid ini setara dengan lima kali luas lapangan sepakbola. Dalam masjid ini juga terdapat perpustakaan yang berisikan mata pelajaran islam, ilmu peradaban, kaligrafi, seni dan berbagai publikasi langkah yang berumur 200 tahun. Di dalam masjid terdapat karpet terbesar di dunia yang dikerjakan secara manual 1300 pasang tangan pembuat karpet. Luas karpet ini mencapai 5.627m2 dengan berat sekitar 35 ton dengan bahan dari wol yang berasal dari New Zealand dan Iran. 

Sungguh luar biasa kuasa Allah azza wa jalla atas segala sesuatu, dan semoga kita bisa datang untuk melihat masjid termegah di dunia, amin.