baju muslim anak perempuan

Cara Berjualan di Lazada part II

Ini adalah lanjutan dari artikel ini: Cara Berjualan di Lazada, tapi kali ini akan kami bahas lebih detil.

seller di Lazada
seller di Lazada


Untuk menjadi Seller di Lazada, tidak diperlukan proses yang rumit. Anda hanya perlu melakukan 3 langkah sederhana berikut:

1. Melengkapi dan Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

form pendaftaran seller Lazada
form pendaftaran seller Lazada

Sebagai Seller, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di Seller Center dengan mengisi informasi, seperti nama toko, tipe toko, nomor telepon, dan email. Selanjutnya, Anda juga harus mengisi informasi tentang penjual.
Selain itu, persiapkanlah beberapa dokumen yang diperlukan, yaitu softcopy surat izin bisnis atau softcopy KTP. Anda juga perlu memiliki softcopy dokumen rekening bank, baik buku tabungan maupun rekening koran. Lampirkan dokumen tersebut pada saat melakukan pendaftaran.

informasi penjual saat daftar seller Lazada
informasi penjual saat daftar seller Lazada


Jangan lupa, baca kembali informasi yang Anda masukkan untuk memastikan tidak ada data yang keliru. Kemudian, setujui dengan menandatangani kontrak marketplace dari Lazada.

2. Aktifkan Akun Anda

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengaktifkan akun Seller Center Anda untuk mengelola toko dengan cara yang lebih mudah. Kemudian, supaya keahlian Anda bertambah, ikutilah sesi pelatihan yang disediakan oleh Lazada untuk para Seller baru. Hal ini penting, apalagi jika Anda masih awam dalam dunia jual beli online.

3. Daftarkan Produk Anda dan Mulai Menjual

daftar produk pertama kali di Lazada
daftar produk pertama kali di Lazada

 Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk menjadi Seller adalah mendaftarkan produk yang akan dijual. Unggahlah minimal satu produk Anda untuk mulai menjadi Seller di Lazada.
Cara mengunggah produk juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, Anda harus memilih kategori yang sesuai untuk produk tersebut.
  • Kemudian, isilah seluruh atribut untuk produk, termasuk gambar. Ini sangat penting untuk menarik perhatian para calon pembeli. 
  • Setelah itu, produk akan diarahkan ke Pemeriksaan Kualitas (QC), tunggulah maksimal selama 48 jam.


Ada tiga metode yang bisa digunakan untuk mengunggah produk, yaitu single upload, mass upload, dan upload melalui API. Sesuaikan saja metode yang digunakan dengan kebutuhan Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Seller

Sebagai Seller, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Untuk mendaftar menjadi Seller, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Anda hanya perlu menyediakan waktu sekitar beberapa menit. Kemudian, Anda bisa langsung menyelesaikan sesi pelatihan khusus untuk para Seller baru atau dengan menonton video tutorial yang disediakan. 
  • Tidak ada biaya yang harus dibayar untuk menjadi Seller di Lazada. Anda hanya diwajibkan membayar biaya layanan pembayaran sebesar 1,3 persen per transaksi.

Dukungan Bagi Seller



Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan maksimal dengan berjualan di Lazada, ada beragam dukungan yang tersedia dan bisa dimanfaatkan. Berikut di antaranya:

1. Lazada University

Lazada University
Lazada University

Lazada University adalah tempat belajar bagi para Seller baru. Ada kelas online dan offline yang dapat diikuti. Kelas ini menjelaskan berbagai informasi dasar tentang cara berjualan secara online. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja  toko Anda.

2. Seller Center

Tampilan Seller center Lazada
Tampilan Seller center Lazada

Ini adalah sebuah platform yang dibuat sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran. Di sini sudah tersedia seluruh hal yang dibutuhkan untuk pengelolaan toko Anda secara lengkap. Jadi, Seller dapat berjualan sekaligus menambah ilmu.

3. Support Center

support center Lazada
support center Lazada


Jika Anda mengalami kendala sebagai Seller baru, hubungi saja tim Partner Support untuk meminta bantuan.


4. Layanan Marketplace

Layanan Marketplace Lazada
Layanan Marketplace Lazada

Ini merupakan layanan yang akan menghubungkan Anda dengan orang-orang yang ahli di bidangnya serta dapat mendukung usaha tersebut menjadi lebih mudah dijalankan.
Nah, demikian beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan berjualan di Lazada. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?