baju muslim anak perempuan

Tips Mudik Nyaman Membawa Anak Kecil

Tips mudik membawa anak kecil
Tips mudik membawa anak kecil

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018. Tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Jika ayah bunda akan mudik bersama anak-anak pasti harus banyak yang dipersiapkan. Apalagi jika anak masih berusia di bawah 10 tahun dan belum terbiasa dengan perjalanan yang jauh. Berikut ini tips mudik nyaman dan aman bersama anak-anak dengan kendaraan pribadi.

1. Persiapkan kondisi kendaraan 

Sebelum mudik lebaran ayah bunda harus mengecek performa dan kondisi kendaraan dengan teliti. Jangan sampai saat mudik mobil mogok sehingga membuat anak-anak tidak nyaman. Persiapkan juga segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin dan mengisi air aki agar nyaman selama perjalanan. 

2. Siapkan tas khusus perlengkapan anak

Untuk memudahkan bunda saat mengambil peralatan anak selama perjalanan, maka siapkan peralatan anak seperti tissue basah, baju ganti, mainan, dan cemilan anak pada tas terpisah. Simpan keperluan anak saat perjalanan pada tas berukuran sedang sehingga dapat ditempatkan di dekat tempat duduk bunda.

3. Gunakan car seat atau tempatkan anak di kursi bagian tengah

Untuk keselamatan dan kenyamanan anak maka tempatkan anak di kursi bagian tengah. Jangan tempatkan anak di kursi bagian depan karena anak-anak akan mudah bosan sehingga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi dan membahayakan keselamatan penumpang. Sebaiknya gunakan car seat jika anak masih berusia di bawah 2 tahun, sehingga anak pun akan merasa lebih nyaman saat duduk di mobil.

4. Persiapkan makanan dan cemilan kesukaan si kecil.

Saat menempuh perjalanan jauh, makanan dan cemilan kesukaan si kecil adalah checklist wajib yang harus dibawa. Jika perut anak kenyang, maka anak akan tidak mudah rewel. Membawa makanan kesukaan anak sendiri juga pasti lebih higienis dan gizi terjaga dibandingkan membeli cemilan saat perjalanan.

5. Persiapkan buku, lagu-lagu, dan mainan edukatif 

Saat mudik, anak-anak pasti akan merasa bosan apalagi jika belum terbiasa melakukan perjalanan jauh. Siapkan buku, lagu-lagu dan mainan edukatif untuk anak agar tidak merasa bosan. Siapkan pula ide-ide permainan di dalam mobil sehingga anak akan senang dan antusias selama perjalanan. Jangan biasakan memberi gadget handphone jika anak bosan karena akan memberikan dampak negative pada perkembangan otak anak.   

6. Tandai rest area yang nyaman 

Duduk berjam-jam selama perjalanan mudik pasti melelahkan. Sebelum perjalanan mudik buatlah catatat rest area yang nyaman selama perjalanan sehingga ayah bunda tidak perlu bingung jika ingin beristirahat/beribadah. Anak-anak juga dapat berlari-lari di rest area sehingga bisa menyalurkan energi mereka.

7. Membawa peralatan P3K

JIka berpergian jauh dengan anak-anak jangan lupa siapkan obat-obatan untuk anak. Obat-obatan yang dapat dibawa seperti obat penurun panas, plester luka, obat anti mabok perjalanan, dan juga vitamin untuk menjaga imunitas anak saat kelelahan. Selain itu siapkan juga obat P3K untuk dewasa seperti obat pusing, diare, obat anti mabok dan vitamin sehingga kondisi tetap fit selama mudik.

8. Ceritakan kondisi selama mudik

Anak-anak di atas usia 3 tahun biasanya sudah mengenal orang-orang yang biasa ditemuinya. Ceritakanlah kepada anak bahwa nanti di kampung halaman mereka akan bertemu sanak saudara yang baru. Ceritakan juga bagaimana serunya mudik di kampung halaman sehingga anak-anak tidak akan merasa kaget dengan suasana yang baru.