baju muslim anak perempuan

Tips Cara Membangunkan Anak Sahur

Assalamualaikum ayah bunda, bagaimana puasa anak-anak hari ini lancar kah? Alhamdulillah kali ini dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan 1439 H/2018. Mengajarkan anak untuk berpuasa pasti bukan hal yang mudah ya bunda, apalagi saat membangunkan anak untuk sahur. Hampir semua anak pasti sulit dibangunkan untuk sahur karena mengubah jam biologis anak agar bangun pukul 3-4 pagi memang tidak mudah. Sebagai orang tua harus paham tips dan trik agar anak bisa bangun saat sahur dan menyantap makanan bersama-sama. Kali ini Bajuyuli akan memberikan tips membangunkan anak untuk sahur di bulan Ramadhan.

ilustrasi anak sahur
ilustrasi anak sahur


1. Mengajarkan pentingnya sahur pada bulan Ramadhan

Selain mengajarkan makna berpuasa pada bulan Ramadhan, orang tua juga perlu mengajarkan pada anak pentingnya sahur pada bulan Ramadhan. Hukum melaksanakan shaum pada bulan Ramadhan adalah sunnah. Namun jika melaksanakan sahur maka akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.” (Muttafaq ‘Alaih). Dengan sahur, tubuh anak juga akan semakin kuat untuk beraktivitas saat berpuasa karena sudah menyimpan energi dengan menyantap makanan pada saat sahur.

2. Membiasakan anak tidur lebih awal

Setiap anak memiliki jam tidur yang berbeda-beda. Ada anak yang terbiasa tidur teratur jam 8-9 malam, ada juga anak-anak yang jam tidurnya tidak teratur bahkan baru tidur saat larut malam. Saat bulan Ramadhan, orang tua harus membiasakan anak agar tidur lebih awal secara teratur. Orang tua bisa membiasakan anak untuk tidur sehabis pulang tarawih. Jika anak dibiasakan untuk tidur setelah tarawih, maka anak memiliki waktu tidur yang cukup sehingga lebih mudah membangunkan anak untuk sahur.

3. Bangunkan dengan rasa sayang

Jangan bangunkan anak dengan cara berteriak dan tergesa-gesa. Jika orang tua membangunkan anak dengan cara yang kasar, maka anak juga tidak akan semangat untuk menyantap sahur. Membangunkan anak untuk sahur butuh kesabaran yang ekstra. Bangunkanlah anak dengan suara yang lembut dan perlahan-lahan. Jika pertama kali dibangunkan anak tidak bangun, maka tunggu 10 menit lagi untuk dibangunkan. Bisikkan juga jika menu favorit anak sudah menunggu sehingga anak akan semakin semangat untuk sahur. 

4. Menyiapkan menu favorit 

Agar anak semakin semangat untuk sahur orang tua dapat menyiapkan menu favorit si kecil. Orang tua dapat menanyakan pada siang hari menu apa yang diinginkan anak untuk santap sahur esok hari. Jangan lupa ingatkan kembali sesaat sebelum tidur jika sahur nanti aka ada menu favorit si kecil. Semoga anak akan tidur dengan rasa bahagia dan semangat untuk bangun sahur. 


5. Menyiapkan menu yang bervariasi dan bergizi

Ada kalanya anak malas untuk bangun sahur jika menu sahur yang disiapkan itu-itu saja sehingga anak menjadi bosan. Orang tua harus kreatif dalam menyiapkan menu sahur untuk anak-anak. Menu sahur tidak perlu mahal namun bisa dibuat sevariatif mungkin. Menu sahur yang disiapkan juga harus bergizi, karena anak-anak sangat membutuhkan menu bergizi untuk menunjang tumbuh kembang mereka.