baju muslim anak perempuan

Pesanan di Bukalapak dialihkan ke seller lain

barang pengganti di Bukalapak.
barang pengganti di Bukalapak.


Apakah Anda pernah diabaikan oleh pelapak ketika memesan sebuah barang atau produk di Bukalapak? Dalam hal ini, pesanan Anda tidak langsung diproses dan jawaban yang diberikan pelapak kurang memuaskan. Jika menghadapi kondisi semacam ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Item Replacement atau penggantian barang dengan spesifikasi yang sama, tetapi dari pelapak berbeda, yang tersedia di Bukalapak.
Pada kasus-kasus tertentu, pelapak bisa saja kehabisan stok barang, tetapi tidak menginformasikan hal itu melalui lapaknya. Akibatnya, ada calon pembeli yang memesan bahkan telanjur membayar untuk produk tersebut. Inilah sebabnya pelapak kadang-kadang menolak pesanan. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ini terjadi?

Manfaatkan Fitur Item Replacemen

Fitur Item Replacement bertujuan untuk mencari barang dengan spesifikasi yang sama dari lapak lain di Bukalapak. Menariknya, Anda tidak perlu melakukan aktivitas apa pun, hanya perlu menunggu. Dalam waktu kurang lebih 3 jam, Anda bisa mendapatkan barang yang sama dengan pesanan awal secara otomatis.
Nah, untuk menikmati fitur yang satu ini, ada satu langkah sederhana yang harus dilakukan pada saat mengisi data pembelian. Anda perlu mencentang pilihan “Carikan saya barang pengganti jika pesanan saya ditolak/tidak ditanggapi pelapak” di halaman payment/purchase.
Fitur ini akan bermanfaat saat transaksi yang dilakukan di Bukalapak diabaikan atau ditolak oleh pelapak. Dengan otomatis, sistem akan mencari produk yang serupa dengan pesanan Anda pertama kali. Anda bisa menggunakan fitur ini, baik saat melakukan pemesanan di Desktop maupun melalui aplikasi mobile.


Ketentuan Fitur Item Replacement


ketentuan barang pengganti di Bukalapak
ketentuan barang pengganti di Bukalapak

Ada beberapa ketentuan yang harus diketahui saat ingin menikmati fitur Item Replacement di Bukalapak. Berikut di antaranya:
  • Penggantian hanya bisa dilakukan oleh Bukalapak jika pesanan awal tidak ditanggapi atau ditolak oleh pelapak yang bersangkutan. Produk yang diganti akan sama dengan produk pengganti. Bukalapak akan mencari pelapak lain yang memiliki stok produk tersebut secara otomatis.
  • Penggantian tersebut hanya dapat dilakukan jika barang atau produk memang tersedia di lapak lain di Bukalapak. Jika tidak ada, fitur ini tidak bisa digunakan.
  • Apabila ada selisih harga yang timbul karena penggunaan fitur ini, selisih tersebut akan ditanggung oleh pihak Bukalapak. Dengan catatan, nominalnya tidak terlalu besar
  • Catatan penting lain adalah apabila pembeli menggunakan metode pembayaran dengan Kartu Kredit atau Kredivo, penggantian barang tidak bisa dilakukan. Demikian pula jika pembeli menggunakan voucher dan jasa pengiriman yang bersifat sameday service.
  • Selisih harga juga bisa ditutupi oleh Bukalapak apabila pembeli memiliki akun di Bukalapak. Sebaliknya, jika harga produk pengganti lebih murah, pembeli bisa mendapatkan kembali kelebihan pembayaran tersebut melalui BukaDompet.
  • Apabila pembeli menggunakan metode Quick Buyer atau tidak memiliki akun di Bukalapak, kekurangan pembayaran akibat Item Replacement ini akan tetap dibayar oleh pihak Bukalapak. Namun, jika pembayaran Anda lebih besar daripada harga produk pengganti, kelebihan tersebut tidak akan dikembalikan alias hangus.
Fitur ini tentu sangat menguntungkan pembeli karena tidak perlu melakukan transaksi dua kali jika terjadi rejected transaction. Bahkan, jika barang pengganti tidak ada, dana otomatis akan kembali ke BukaDompet yang Anda miliki di Bukalapak.

Apabila kasus yang terjadi bersifat abandoned transaction atau diabaikan, Anda akan menerima sepucuk email tentang Item Replacement. Jika email tidak dikonfirmasi selama 6 jam, sistem di Bukalapak akan langsung menjalankan fitur ini. Sebaliknya, Anda memiliki kesempatan untuk menolak dan dana dikembalikan ke BukaDompet.

Nah, demikian cara untuk mengganti barang di Bukalapak yang perlu Anda ketahui. Manfaatkan fitur ini demi mendapatkan kepuasan berbelanja seoptimal mungkin. Semoga bermanfaat.