baju muslim anak perempuan

Mengajarkan Arti Hari Kemerdekaan Pada Anak

Lomba balap kerupuk hari kemerdekaan
Lomba balap kerupuk hari kemerdekaan
Sebentar lagi Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-73 pada tanggal 17 Agustus 2018. Semua warga Indonesia, baik dewasa maupun anak-anak, bersuka cita menyambut Hari Kemerdekaan tersebut. Pada pagi harinya di Istana Negara, sekolah-sekolah, dan kantor pemerintahan juga diadakan upacara kemerdekaan. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan acara karnaval dan lomba-lomba yang diikuti oleh anak berbagai usia. Bagi orang dewasa mungkin sudah paham makna kemerdekaan adalah bebas dari penjajahan. Namun bagaimana dengan anak-anak? Mungkin hanya sebagian anak yang paham makna dari hari kemerdekaan itu sendiri. Kali ini Bajuyuli akan memberikan tips singkat mengajarkan arti hari kemerdekaan pada anak.


Jelaskan dengan kosa kata yang mudah dipahami


Pada 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan merdeka dari penjajah dan memiliki kedaulatan sendiri. Orang tua bisa memberikan contoh dan ilustrasi yang mudah sehingga anak mengerti apa maksudnya bebas dari penjajahan. Sebagai contoh berikan gambaran jika anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah karena ada orang asing yang melarang anak untuk bermain. Merdeka untuk anak dapat diartikan anak-anak dapat bermain di luar rumah dengan bebas namun dengan batasan tertentu. Dengan kosa kata dan ilustrasi yang mudah dipahami diharapkan anak-anak mengerti arti kemerdekaan itu sendiri.


Ajak anak memasang bendera merah putih

Dalam menyambut hari kemerdekaan biasanya bendera merah putih dipasang di depan rumah masyarakat. Orang tua bisa mengajak anak untuk bersama-sama memasang bendera merah putih di depan rumah. Dengan kegiatan memasang bendera, orang tua bisa mengajarkan bahwa bendera merah putih adalah bendera Negara Republik Indonesia. Orang tua juga dapat mengajarkan sejarah singkat bendera merah putih dan arti dari warna bendera itu sendiri. Bendera Indonesia memiliki makna yang filosofis. Merah berarti keberanian dan putih berarti kesucian.


Ajak anak mengikuti kegiatan lomba dan karnaval

Pada hari 17 Agustus biasanya diadakan lomba-lomba dan karnaval untuk anak-anak. Ajak anak untuk mengikuti lomba-lomba yang anak sukai. Mengikuti lomba dapat melatih kemampuan motorik kasar anak. Mengikuti lomba juga dapat melatih kemandirian dan keberanian anak. Sama seperti para pahlawan yang berani dalam melawan penjajah.


Kenalkan anak pada pahlawan nasional

Kemerdekaan tak akan terjadi tanpa ada perjuangan dari pahlawan-pahlawan nasional. Orang tua dapat menjelaskan makna dari pahlawan dan mengenalkan kepada anak pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Diantaranya adalah Soekarno dan Hatta yang kemudian menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia yang pertama.
Dengan mengajarkan arti kemerdekaan melalui kegiatan sederhana di atas, diharapkan anak dapat mengerti makna dari kemerdekaan. Diharapkan juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak-anak karena pada zaman sekarang ini rasa nasionalisme pada anak-anak sudah mulai pudar.