baju muslim anak perempuan

Cara Memulai Berjualan di Tokopedia

mulai berjualan di Tokopedia
mulai berjualan di Tokopedia

Kesempatan mencari rezeki halal kian terbuka lebar lewat hadirnya situs e-commerce Tokopedia. Mengapa? Karena Tokopedia memberikan beragam kemudahan bagi setiap orang untuk memulai usaha. Bukan cuma pemula, pelaku bisnis yang sudah cukup mapan pun bisa memperluas jaringannya.
Berbagai keuntungan ditawarkan oleh Tokopedia. Bekerjasama dengan banyak bank-bank terkemuka di Indonesia untuk menangani urusan pembayaran. Juga menjalin komunikasi dengan banyak perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki layanan terpercaya. Jika Anda berminat untuk bergabung sebagai penjual di Tokopedia, begini caranya.
  1. Langkah pertama, buka aplikasi browser di laptop atau PC, ketikkan alamat Tokopedia.com. Bagi pengguna smartphone, cukup unduh aplikasi Tokopedia yang tersedia di Google Playstore untuk android, atau Appstore untuk iOs. Lakukan
  2. pendaftaran akun dengan mengikuti instruksi-instruksi yang diberikan secara lengkap.
  3. Lanjutkan dengan membuka toko. Carilah menu ‘Buka Toko’, atau klik ikon bergambar sebuah kios.
  4. Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data toko. Isilah nama domain, foto profil, dan semua informasi yang diperlukan pada kolom-kolom yang tersedia. Anda juga perlu menentukan dukungan pengiriman dan metode pembayaran. Pilih jasa ekspedisi dan pembayaran yang paling mudah Anda jangkau. Terakhir, klik tombol ‘Buka Toko’.
mulai berjualan di Tokopedia dengan klik Buka Toko
mulai berjualan di Tokopedia dengan klik Buka Toko


Sekarang Anda sudah memiliki lapak baru di Tokopedia. Tapi bagaimana bisa mulai berdagang kalau tidak ada barang yang diperjualbelikan? Untuk itu lanjutkan dengan menambahkan produk-produk yang akan dijual.

Tambah produk berjualan di Tokopedia
Tambah produk berjualan di Tokopedia

  1. Temukan tombol ‘Tambah Produk’ pada menu ‘Toko Saya’, atau cari ikon bergambar kios, seperti yang disebut pada poin ke-2 tadi.
  2. Masukkan produk-produk yang akan diperjualbelikan. Isi semua kolom deskripsi produk secara lengkap agar memudahkan konsumen dalam memilih. Tentukan kategori yang sesuai, subkategori, jumlah barang, harga, dan kisaran berat. Pastikan juga produk tersebut disertai gambar, karena konsumen lebih tertarik dengan gambar yang ditampilkan. Sebaiknya gunakan gambar produk yang asli, tajam, dan bisa dilihat dengan jelas. Untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan Tokopedia mengenai produk yang dapat dijual, silakan cek menu ‘Syarat dan Ketentuan’.
halaman tambah produk di Tokopedia
halaman tambah produk di Tokopedia

Sekarang Anda sudah siap berdagang online. Perlu diketahui bahwa Tokopedia akan memberikan notifikasi setiap ada pesanan baru.
  1. Notifikasi ini bisa ditemukan di menu ‘Toko Saya’ pada submenu bagian ‘Penjualan’, atau menu ‘Inbox’ yang ada di halaman utama.
  2. Untuk memproses pesanan, Anda harus mencentang kolom produk yang dipesan dan mengeklik ‘Terima Pesanan’. Kemudian lanjutkan dengan mengeklik tombol ‘Respon Pesanan’. Setelah itu lanjutkan dengan mengirimkan barang ke alamat pemesan, melalui jasa ekspedisi yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Kemudian Anda perlu melakukan konfirmasi kepada Tokopedia dan pemesan, bahwa barang telah dikirim. Masih pada submenu ‘Penjualan’, pilih tombol ‘Konfirmasi Pengiriman’.
  4. Pada laman tersebut, centang kolom pesanan yang telah dikirim dan masukkan nomor resi pengiriman. Lalu klik ‘Konfirmasi’. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi pengiriman, pilih tombol ‘Ya’. Pesanan Anda telah selesai diproses.
Dana yang mengalir dari rekening pembeli akan langsung ditambahkan ke saldo Tokopedia milik penjual, setelah pembeli mengonfirmasi bahwa barang sudah diterima. Jika tidak ada konfirmasi, Tokopedia akan langsung memproses penambahan saldo ke akun penjual. Jadi bisa dipastikan setiap transaksi akan berjalan dengan aman.
Tokopedia memberikan banyak keuntungan. Praktis dan gratis. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda sudah bisa membuka toko sendiri.  Fitur Tokopedia juga lengkap, sehingga banyak transaksi bisa dilakukan lewat satu aplikasi saja. Akses mudah. Pebisnis hanya membutuhkan kuota data dan ponsel untuk menjalankan usahanya.