baju muslim anak perempuan

Cara Aman Belanja di Bukalapak

Menjamurnya bisnis online tidak serta merta memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Bukan hanya pembeli, penjual pun berisiko untuk menjadi sasaran para penipu dalam melakukan aksinya. Namun kehadiran aplikasi belanja online, seperti Bukalapak, mampu menjawab tantangan ini.
Situs e-commerce yang berdiri tahun 2010 ini memfokuskan diri menjadi perantara transaksi antara penjual dan pembeli. Sistem ini menguntungkan, karena keamanan transaksi lebih terjamin. Bukalapak menyediakan sejumlah opsi pembayaran sesuai kemampuan pembeli, yang hasilnya dapat dicairkan oleh penjual setelah dikonfirmasi.
Cara belanja paling aman di Bukalapak adalah dengan cara memilih penjual terpercaya. Konsumen tentu menghendaki penjual memberikan pelayanan maksimal. Hanya saja tidak semua penjual mampu memenuhinya.
Dengan bantuan Bukalapak, Anda dapat mengetahui tingkat pelayanan masing-masing penjual. Bukalapak telah melengkapi sistemnya dengan beberapa fitur khusus bagi pembeli untuk dapat mengetahui reputasi penjual. Fitur tersebut, antara lain:
  1. Chat
chat penjual di Bukalapak
chat penjual di Bukalapak

Fitur ini bisa Anda akses pada halaman produk dan penjual. Anda akan menemukan panel bertuliskan ‘Chat Pelapak’ di laman produk dan akun pelapak. Lingkaran kecil pada tombol chat tersebut akan menyala hijau jika pelapak sedang aktif.
Seperti halnya di toko konvensional, penjual yang baik akan cepat dan lugas dalam menanggapi permintaan pembeli. Baik itu dalam mempersiapkan barang pesanan, maupun menjawab berbagai pertanyaan seputar produk yang dijual.
Anda juga dapat meminta penjelasan tentang barang yang diinginkan dengan memanfaatkan kolom ‘Diskusi Produk’ yang tersedia di laman produk. Ketika Anda bertanya hal-hal terkait produk yang akan dibeli, pelapak yang baik pasti meresponnya dengan cepat, juga memberikan jawaban secara tepat.
  1. Ulasan dan Testimoni
Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk memberi ulasan atau testimoni setelah berbelanja online. Penjual bakal diuntungkan oleh kepercayaan yang diberikan oleh pembeli. Sebaliknya, pembeli pun dapat mengetahui tingkat pelayanan dari pelapak dengan mencermati ulasan dan testimoni.
Panel ‘Ulasan Barang’ bisa Anda temukan di laman produk, pada kolom kedua setelah deskripsi. Di situ Anda dapat membaca berbagai ulasan dari para pelanggan lain tentang barang yang diinginkan. Biasanya, pelanggan juga akan memberikan ulasan terkait kecepatan pengiriman dan ketepatan barang yang dipilih. Segala penilaian mengenai tingkat pelayanan pelapak.
  1. Kolom Feedback
lihat feedback penjual di Bukalapak
lihat feedback penjual di Bukalapak

Di samping panel ‘Ulasan Barang’ terdapat tombol bertuliskan ‘Feedback’. Laman ‘Feedback’ ini memiliki fungsi yang sama dengan ‘Ulasan Barang’, yakni untuk melihat penilaian pelapak dari para pelanggan. Feedback positif akan ditandai dengan ikon bergambar jempol menghadap ke atas yang berwarna hijau. Biasanya akan diikuti dengan sejumlah komentar berupa testimoni. Semakin banyak feedback positif, artinya penjual telah dipercaya mampu memberi pelayanan terbaik.
  1. Reputasi Penjual
Saat mencari barang, Anda akan melihat nama penjual produk tersebut. Setiap tampilan nama penjual akan diikuti dengan keterangan lokasi dan reputasinya. Di Bukalapak, Anda bisa mengetahui reputasi penjual dengan melihat emblem yang tersemat pada akun mereka.
Letaknya di bawah nama toko dan lokasi. Bentuknya berupa pita dalam sebuah lingkaran. Emblem ini hadir dalam berbagai warna, setiap warna menandakan jumlah feedback dan transaksi yang berhasil dilakukan. Setiap 80% dari jumlah transaksi akan menghasilkan 1 emblem. Mulai dari tingkat terendah berwarna abu-abu (untuk jumlah transaksi 1-10), sampai tingkat tertinggi berwarna emas (jumlah transaksi lebih dari 100 ribu).
Agar memperoleh pelayanan memuaskan, sebaiknya Anda memilih penjual yang telah memiliki emblem. Tapi ingat, pelapak tanpa emblem bukan berarti tidak dapat dipercaya. Bisa jadi penjual tersebut baru bergabung dengan Bukalapak, atau belum pernah mendapatkan feedback dari pembeli.