baju muslim anak perempuan

5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan

Cara mengatasi anak nakal
Cara mengatasi anak nakal - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - luvizhea.com


Cara mengatasi anak nakal memang tidak mudah. Hal ini harus dimulai dengan mengubah paradigma terhadap anak yang sering kali dicap nakal. Setelah cara pandang sudah tepat, permasalahan kenakalan anak pun akan dapat diatasi dengan mudah.
Karena dianggap merugikan pihak lain, tidak sedikit orang yang keliru memahami aktivitas anak yang berlebihan sebagai kenakalan. Untuk mengatasinya, metode mendidik anak yang biasanya digunakan adalah kekerasan. Padahal, metode ini kurang efektif bahkan dapat membahayakan keselamatan anak. Untuk menghindari kekerasan, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua.

Cara mengatasi anak nakal dengan memperbaiki pola pikir

Cara mengatasi anak nakal

Cara mengatasi anak nakal dengan memperbaiki pola pikir - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - jaclara.blogspot.com


Hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah memperbaiki pola pikir terhadap anak yang tampak nakal. Dalam hal ini, definisi nakal perlu dijelaskan dengan tepat. Bahkan, kata nakal sendiri sebenarnya tidak sesuai untuk perilaku anak-anak.
Oleh karena itu, orangtua perlu melihat aktivitas anak tersebut dengan kacamata yang benar. Jika anak melanggar aturan yang berlaku, pahamilah jika hal itu bukan kenakalan tetapi bagian dari eksplorasi anak yang berlebihan. Cara pandang positif ini akan menimbulkan efek yang baik dalam penanganannya.

Memahami Penyebab anak menjadi nakal

Cara mengatasi anak nakal

Memahami Penyebab anak menjadi nakal - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - vostv.com.ni


Anak yang melanggar aturan pasti disertai dengan penyebab khusus. Sebagai contoh, ketika anak memukul teman. Orangtua atau orang lain biasanya langsung memberikan cap nakal kepada anak.
Sebenarnya, ada penyebab yang harus ditelusuri mengapa anak mudah memukul. Apakah anak meniru orangtuanya? Atau, anak tidak mendapatkan kasih sayang dari orangtua sehingga ia pun tidak dapat merefleksikan hal tersebut kepada orang lain. Setelah penyebabnya ditemukan, perbaiki terlebih dahulu hal tersebut. Niscaya, kenakalan anak pun akan berkurang, bahkan hilang sama sekali.

Selalu bersikap adil dan objektif ketika menilai anak

Cara mengatasi anak nakal

Selalu bersikap adil dan objektif ketika menilai anak - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - simplylife.gr


Sering kali, karena berada di posisi yang lebih berkuasa, orangtua mendominasi anak. Orangtua bersikap selalu benar dan tidak boleh dibantah. Padahal, anak memiliki alasan-alasan tertentu yang mungkin tidak dipikirkan oleh orangtua ketika melakukan kenakalan.
Sebelum memberikan sanksi, sebaiknya dengarkan anak terlebih dahulu ketika membela diri. Bersikaplah adil dan objektif memandang hal tersebut dan tidak serta-merta menyalahkannya. Jika hal ini diberlakukan, anak pasti akan belajar untuk bersikap lebih bijak pada kemudian hari.

Gunakan sistem reward dan punishment dengan tepat

Cara mengatasi anak nakal

Gunakan sistem reward dan punishment dengan tepat - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - kesekolah.com


Anak perlu dipuji dan dihargai terutama ketika telah melakukan hal-hal yang positif. Cara ini akan membuatnya semakin bersemangat dan gembira menjalankan aturan-aturan yang telah ditetapkan orangtua. Sebaliknya, punishment akan membuat anak mudah kecewa, dendam, atau justru semakin nakal.
Orangtua perlu menggunakan kedua metode ini dengan tepat berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Jangan sampai terlalu banyak memberikan pujian sehingga anak tidak siap dengan kenyataan ketika sudah beranjak dewasa. Namun, punishment yang terlalu sering juga akan memadamkan karakter inisiatif pada diri anak.

Orangtua harus belajar mengekang emosi

Cara mengatasi anak nakal

Orangtua harus belajar mengekang emosi - 5 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan - digicelfanmkreyol.com


Masalah yang sering kali dialami orangtua adalah tidak dapat menahan emosi ketika menghadapi anak yang berkelakuan tidak menyenangkan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyakya problem yang harus dihadapi sepanjang hari. Kelakuan anak yang tidak menyenangkan akhirnya memperburuk suasana. Ini biasanya memicu orangtua untuk menggunakan cara kekerasan ketika menghukum anak.
Untuk menghindari hal ini, orangtua perlu belajar untuk menghindar sejenak ketika ada hal-hal yang memancing emosi. Bekerja samalah dengan pasangan dalam mendidik anak. Lakukan relaksasi sederhana sebelum melontarkan kata-kata.



Hindari menggunakan alat tertentu untuk memukul dengan alasan membuat anak jera. Perlu diketahui, anak yang dihukum dengan kekerasan cenderung tidak berubah menjadi anak yang baik, justru sebaliknya.
Nah, demikian beberapa cara mengatasi anak nakal yang bisa diterapkan oleh orangtua. Sangat praktis, bukan? Selamat mencoba.