baju muslim anak perempuan

5 Tips Mendidik Anak di Era Digital

mendidik anak
mendidik anak - 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital - wetoksoft.com.br


Bagaimana cara mendidik anak pada era digital? Tak bisa dihindari, manusia masa kini berada pada zaman yang sangat modern. Perkembangan teknologi sudah demikian canggih dan maju. Ada dampak positif dan negatif yang tidak bisa dihindari dari kondisi tersebut.
Dalam hal ini, orangtua memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar untuk mempersiapkan anak menghadapi era digital. Hal tersebut dimulai dengan mendidik anak sejak dini. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk itu.

Mendidik anak dengan larangan yang tepat


mendidik anak

Mendidik anak dengan larangan yang tepat - 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital - satujam.com



Salah satu senjata orangtua supaya anak tidak terpapar hal-hal negatif, baik dari internet maupun sekitarnya, adalah melarang anak untuk melakukan suatu hal. Namun, larangan tersebut kadang kala tidak disertai dengan alasan atau solusi lainnya. Ini biasanya membuat rasa penasaran anak justru semakin memuncak.
Oleh karena itu, melarang anak untuk menggunakan gadget bukanlah solusi yang tepat. Larangan boleh diberlakukan pada kondisi tertentu, misalnya jika anak terlihat membuka situs yang tidak baik atau intensitas memegang gadget sudah berlebihan. Hal ini pun harus dibarengi dengan alasan dan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama, bukan pemaksaan.

Mendampingi anak untuk belajar bersama melalui internet


mendidik anak

Mendampingi anak untuk belajar bersama melalui internet - 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital - venturebeat.com




Internet tidak hanya berdampak negatif, tetapi dapat berguna sebagai sarana belajar bagi anak. Tak terhingga banyaknya pengetahuan dan informasi penting yang bisa ditemukan melalui fitur Google search di internet. Banyak pula aplikasi-aplikasi edukasi yang dapat mengasah kemampuan anak, baik kemampuan berpikir maupun motorik halusnya.
Syaratnya, orangtua harus mendampingi anak ketika menggunakan gadget. Jadi, gadget bukan sekadar alat hiburan supaya anak mau diam dan orangtua dapat melakukan tugasnya dengan tenang. Sebaliknya, keduanya harus duduk bersama dan menjadikan internet sebagai sarana untuk belajar. Ini akan sangat bermanafaat bagi perkembangan anak.

Melakukan aktivitas fisik bersama-sama


mendidik anak

Melakukan aktivitas fisik bersama-sama - 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital - bundakonicare.com




Untuk mengimbangi aktivitas di dunia maya, orangtua juga perlu mengajak anak untuk melakukan kegiatan lainnya. Berolahraga bersama, misalnya, dapat menjadi cara untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget. Namun, hal ini tidak lepas dari peran dan teladan dari orangtua.
Jika orangtua tetap sibuk dengan kegiatannya dan membiarkan anak bermain sendiri, tak heran jika anak pun akan kembali memegang gadget. Namun, membangun hubungan melalui aktivitas fisik tersebut akan memberikan warna baru.
Jangan sampai, orangtua justru lebih aktif bermain gadget ketika berada di rumah sehingga tidak memiliki waktu bermain dengan anak. Sejatinya, anak membutuhkan teman bermain dan hal itulah yang bisa didapatkannya ketika bermain gadget.

Menciptakan hubungan yang harmonis


mendidik anak

Menciptakan hubungan yang harmonis - 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital - kabarjambi.net




Pada era digital, segala sesuatu sudah berlangsung dengan praktis dan mudah. Komunikasi bisa dilakukan secara online dan tanpa harus bertatap muka. Ini merupakan hal yang positif sekaligus negatif, tergantung bagaimana cara memanfaatkannya. Hubungan bisa sangat rentan karena rendahnya ikatan emosi di dalamnya.
Orangtua perlu menghindari kondisi hilangnya ikatan di antara anggota keluarga. Jika hal ini terjadi, anak bisa melarikan diri ke hal-hal negatif dan tidak bermanfaat, seperti larut dalam penggunaan gadget yang berlebihan. Jadi, carilah peluang untuk menciptakan hubungan yang baik dengan anak, mungkin dengan berlibur bersama atau sekadar selalu aktif menanyakan kegiatan anak setiap hari.



Mendidik anak pada era digital memang tidak mudah. Orangtua perlu memiliki cara pandang yang tetap relevan dengan apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan demikian, orangtua dapat memandu anak secara benar ketika menggunakan gadget-nya.