baju muslim anak perempuan

Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua

Arti parenting
Arti parenting - Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua - ngopy.com


Arti parenting education sebenarnya sangat sederhana, yaitu upaya untuk mempelajari cara mengasuh anak dengan baik. Lazim terdengar sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua. Laki-laki dan perempuan yang menikah, lalu memiliki anak, biasanya langsung mempraktikkan ilmu pengasuhan tanpa perlu bersekolah terlebih dahulu.
Faktanya, cara mendidik anak bukanlah merupakan hal yang sepele. Orangtua perlu belajar banyak supaya tidak keliru ketika mendidik dan anak tidak dapat tumbuh menjadi pribadi yang maksimal. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk mendapatkan parenting education yang tepat?
Arti Parenting dan Cara Mempelajarinya
arti parenting
Arti Parenting dan Cara Mempelajarinya - Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua - hallosehat.com

Parenting atau pola pengasuhan anak mencakup banyak aspek, mulai dari mendidik anak untuk mandiri dan bertanggung jawab hingga mengajarkan hal-hal yang tepat dan positif. Faktanya, sebagian orangtua tidak tahu cara mengasuh anak atau justru mengajarkan hal yang salah kepada anak.
Untuk menghindari hal tersebut, orangtua perlu mengetahui arti parenting education yang benar serta cara mendapatkannya. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk itu.
  • Mengikuti seminar-seminar parenting
Mengikuti seminar-seminar parenting - Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua - lmiyzakat.org

Salah satu bentuk parenting education adalah seminar-seminar yang digelar dengan tema tertentu. Orangtua perlu aktif mengikuti seminar ini supaya memperoleh ilmu yang benar dan update tentang cara mendidik anak langsung dari para ahli.
  • Banyak membaca buku
Untuk mendapatkan pengetahuan tentang parenting, orangtua perlu banyak membaca buku, khususnya yang membahas tentang ilmu mengasuh anak yang benar. Buku-buku ini akan membuka wawasan terhadap banyak hal, termasuk mengenali karakter anak dan cara mengatasinya dengan tepat.
  • Mengikuti komunitas parenting
Arti parenting
Mengikuti komunitas parenting - Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua - mysouthernhealth.com

Parenting education juga dapat menjelma dalam komunitas-komunitas yang fokus pada pengasuhan anak yang tepat. Biasanya, para anggota akan selalu sharing tentang ilmu mengasuh anak pada kondisi tertentu. Namun, orangtua perlu jeli memahami teori yang benar untuk dipraktikkan.
  • Belajar secara online
Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan bahan-bahan pembelajaran secara online. Bagi yang sibuk dengan pekerjaan, metode ini akan sangat membantu. Materi pengasuhan bisa diulik kapan saja untuk dipraktikkan langsung. Selain informasi, ada pula dalam bentuk kursus yang khusus diselenggarakan oleh pihak tertentu. Anda hanya perlu menggunakan gadget untuk mengaksesnya.
Dampak Positif Pola Asuh yang Tepat
Arti parenting
Dampak Positif Pola Asuh yang Tepat - Arti Parenting Education dan Gunanya bagi Orangtua - gulalives.co

Mengapa orangtua perlu belajar tentang pengasuhan anak melalui parenting education? Selain karena bukan hal yang sepele, sering kali laki-laki dan perempuan yang menjadi ayah dan ibu tidak mendapatkan pengasuhan yang tepat ketika masih kecil. Akibatnya, pola seperti itu berulang alias diterapkan juga setelah menjadi orangtua.
Apabila pola pengasuhan yang dijalankan di tengah keluarga sudah tepat, ada beberapa dampak positifnya. Pertama, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang unggul. Kedua, ini akan menjadi modal anak di masa mendatang ketika akhirnya menjadi orangtua. Ketiga, hubungan orangtua dan anak akan harmonis dan erat.
Nah, supaya dampak-dampak positif ini bisa diwujudkan, perlu diusahakan parenting education yang tepat bagi orangtua. Meskipun tak bisa dimungkiri ada hambatan di baliknya, salah satunya mitos yang sudah lama dipercaya sejak generasi terdahulu. Selain itu, kesibukan sehari-hari dan aktivitas pekerjaan yang padat juga kerap membuat orangtua enggan untuk belajar lagi.




Meskipun demikian, selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan apabila orangtua memiliki niat untuk melakukan hal tersebut. Apalagi setelah mengetahui arti parenting education dan manfaat positifnya bagi anak, orangtua tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan demi mempersiapkan masa depan yang cerah bagi sang buah hati.