baju muslim anak perempuan

Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah

parenting anak
parenting anak - Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah - nationalgeographic.grid.id

Sebagian orangtua memilih untuk mendidik sendiri anak di rumah daripada memasukkannya ke sekolah PAUD. Ini sah-sah saja dilakukan. Orangtua, terutama ibu, sebenarnya juga memiliki kapasitas untuk menerapkan parenting anak usia dini di rumah asal mau belajar.
Mendidik anak memang gampang-gampang susah. Pasalnya, anak harus diberikan pengertian yang tepat supaya mau mengikuti aturan yang telah ditentukan. Cara menyampaikannya pun harus benar dan bisa dipahami anak dengan baik. Untuk itu, berikut konsep parenting anak usia dini di rumah yang perlu Bunda ketahui.
  1. Mempelajari ilmu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari
parenting anak
Mempelajari ilmu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari - Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah - Elshinta.com

Belajar di rumah berarti anak dapat terjun langsung mempelajari ilmu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari melalui pengalaman. Dengan konsep belajar ini, anak dapat menjadi mandiri sehingga bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari berdasarkan ilmu praktis, bukan sekadar teori.
Konsep sederhana ini sangat perlu diterapkan oleh orangtua sehingga momen belajar bagi anak menjadi lebih menarik. Sebagai contoh, jika ingin memperkenalkan rumus penjumlahan kepada anak, ajaklah ia untuk menghitung jumlah kursi atau meja yang ada di rumah. Dengan cara ini, anak juga akan lebih mudah untuk mengingat.
  1. Parenting anak usia dini tidak perlu menjalani ujian
parenting anak
Parenting anak usia dini tidak perlu menjalani ujian - Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah - comments.ua

Sebenarnya, tes lebih diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan anak sebelum belajar. Anak yang sudah melewati proses belajar tidak perlu dites dengan ujian tertulis. Hasilnya pasti akan kelihatan dari praktik yang akan dilakukannya.
Konsep seperti ini juga berlaku bagi anak yang diajar langsung oleh orangtua. Tes bukan dilakukan dalam bentuk ujian yang kaku dan aroma kompetitif yang kental dengan sesama teman.
  1. Bersenang-senang bersama orangtua
parenting anak

Konsep parenting anak usia dini seharusnya menyenangkan. Belajar adalah kesempatan untuk mengetahui sesuatu. Ada proses yang terjadi di dalamnya. Proses inilah yang seharusnya dinikmati, bukan menjadi beban. Nah, tugas ibu adalah membuat anak dapat bersenang-senang pada saat sedang belajar di rumah.
Caranya adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan hobi dan kesenangan anak. Ajaklah ia mempelajari berbagai macam hal dari kesukaan tersebut. Jadi, anak pun menjalani proses belajar dengan lebih bergairah.
  1. Berani mencoba tantangan
parenting anak
Berani mencoba tantangan - Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah - balitadananak.wordpress.com

Selain berbagai hal tersebut, ibu juga perlu mengajak anak mencoba tantangan yang seru. Salah satunya, mengajak anak untuk melakukan sesuatu yang baru dan tidak biasa. Dalam hal ini, ibu juga harus memberikan teladan. Pengalaman bersama ini akan memberikan makna pembelajaran yang optimal bagi hidup anak.
Manfaat positif dari kegiatan ini adalah anak lebih berani menjalani hidup. Ia bisa mengambil risiko dan bertanggung jawab atas pilihannya. Anak pun akan lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada orangtua maupun orang-orang terdekatnya.
  1. Teladan adalah hal yang sangat penting
parenting anak
Teladan adalah hal yang sangat penting - Ini Konsep Parenting Anak Usia Dini di Rumah - solusiibuattack.com

Anak sangat mudah meniru. Apa yang dilakukan orangtua, itu pula yang akan dilakukan anak. Cara mengasuh anak sebenarnya mudah, yaitu orangtua harus melakukan apa yang diajarkannya. Contohnya, jika mengajari anak untuk selalu membuang sampah di tempatnya, orangtua tidak boleh melakukan hal yang sebaliknya.
Bahkan, tanpa banyak kata-kata, teladan dapat berdampak luar biasa. Anak biasanya akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih sederhana dan memiliki karakter yang baik jika orangtua yang menerapkan hal yang sama di tengah keluarga.



Nah, demikian beberapa konsep sederhana yang perlu diketahui orangtua ketika menerapkan parenting anak usia dini di rumah. Hasil akhirnya, anak akan tumbuh menjadi manusia yang berkarakter baik.