baju muslim anak perempuan

Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui


mendidik anak
Mendidik anak - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - wanita.me

Sebagian besar orang tua mengira parenting hanyalah berarti mendidik anak. Sebenarnya tidak salah, tetapi arti parenting ternyata tidak hanya sebatas pada kata “mendidik anak” semata. Parenting adalah bagaimana cara pembelajaran yang harus dipahami oleh orang tua dalam berinteraksi dengan sang buah hati. Interaksi ini meliputi bagaimana memberi makan dan minum, arahan, mengajari mengenakan pakaian, hingga bagaimana memberikan proteksi pada anak.

Parenting adalah Pola Asuh. Mengapa Orang Tua Perlu Belajar Parenting?

mendidik anak

Parenting adalah Pola Asuh. Mengapa Orang Tua Perlu Belajar Parenting? - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - cikicaka.com



Orang tua merupakan sekolah pertama bagi anak-anak sebelum akhirnya ia duduk di bangku pendidikan bersama reman-teman sebayanya. Inilah mengapa orang tua amat perlu belajar ilmu parenting, agar bisa menjadi contoh dan teladan terbaik dalam membentuk karakter anak menjadi pribadi yang membanggakan. Pastinya, setiap anak tidak bisa diasuh dengan cara yang sama pula.

Melalui pembelajaran parenting, orang tua akan lebih tahu bagaimana cara melarang Si Kecil tanpa harus membuatnya menangis, mengetahui apa sebenarnya yang menjadi kebutuhan utama sang anak, dan mengajari berbagai hal lain yang dibutuhkan sang buah hati untuk tumbuh kembangnya.

Tidak hanya paham bagaimana mendidik anak, orang tua pun harus “melek” dan mengikuti pergeseran zaman. Berbeda zaman, tentu cara orang tua dalam mendidik anak pun tidak bisa disamakan. Tidak ada salahnya menjadi orang tua modern yang peka perubahan dan mengikuti zaman, tetapi tetap beri batasan pada sang buah hati agar ia tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak benar.

Jenis-Jenis Parenting yang Perlu Diketahui

Nah, sebelum orang tua memilih untuk mengikutsertakan sang buah hatinya dalam sekolah khusus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis parenting berikut ini.

1. Parenting Authoritarian
mendidik anak
Parenting Authoritarian - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - ph-theasianparent.com

Ciri khas jenis parenting ini adalah sifat orang tua yang otoriter, suka menghukum ketika anak melakukan kesalahan, dan membatasi segala aktivitas anak. Jenis parenting ini menuntut anak untuk selalu menuruti apa saja keinginan orang tua, bersikap tegas dan terkadang menuju keras, dan melarang anak untuk mendebat atau membantah apa yang menjadi pendapat dari orang tua. Jika orang tua mengasuh anak dengan cara ini, ditakutkan sang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang pasif dan tidak mampu bersosialisasi serta beropini dengan baik.

2. Parenting Neglectful
mendidik anak
Parenting Neglectful - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - momjunction.com

Jenis parenting ini melibatkan orang ketiga atau yang sering disebut pengasuh. Orang tua jadi tidak terlibat secara langsung pada sang buah hati dan menganggap urusan pribadi mereka jauh lebih penting daripada tumbuh kembang sang anak. Padahal, parenting adalah bagaimana orang tua mendidik anak sendiri, bukan menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain. Nantinya, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang kurang perhatian orang tua dan tidak mandiri.

3. Parenting Authoritative
mendidik anak
Parenting Authoritative - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - momjunction.com

Jenis parenting ini adalah yang paling direkomendasikan, karena orang tua memberikan dukungan sepenuhnya terhadap anak, dan membebaskan sang anak untuk melakukan aktivitas yang ia sukai selama itu tidak berada pada jalur yang keliru. Anak yang mendapatkan pola asuh ini akan bertumbuh lebih mandiri, pandai bersosialisasi, berani beropini, dan sangat percaya diri.

4. Parenting Indulgent
mendidik anak
Parenting Indulgent - Parenting dalam Mendidik Anak: Pengertian dan Jenisnya yang Perlu Diketahui - fit.thequint.com

Terakhir adalah parenting indulgent, cara pengasuhan dengan keterlibatan orang tua sepenuhnya tapi tidak memerhatikan sikap dan tingkah laku sang anak. Sang buah hati bebas untuk melakukan apa pun yang disukainya. Di sini, orang tua sangat percaya bahwa anak akan lebih mandiri, percaya diri, dan kreatif nantinya. Namun, anak justru akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mampu menjaga sikap dan perilakunya.



Demikian tadi ulasan singkat mengenai pengertian parenting dan jenisnya. Pada intinya, parenting adalah pola asuh yang didapatkan oleh anak langsung dari orang tua kandung mereka, karena sekali lagi, orang tua adalah sekolah terbaik bagi tumbuh kembang anak-aank. Semoga bermanfaat.