baju muslim anak perempuan

7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

mendidik anak
mendidik anak - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - go-dok.com


Menjadi orang tua itu gampang-gampang susah. Inilah yang sering dikatakan oleh banyak orang. Pasalnya, orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik anak yang tepat, pola asuh yang efektif supaya sang buah hati bisa tumbuh menjadi anak yang membanggakan, baik dari sisi perilaku, moral, hingga pendidikan. Agar tumbuh kembangnya maksimal, coba beberapa cara berikut ini.

 Cara Mendidik Anak dengan Lembut dan penuh Kasih Sayang pada Anak

mendidik anak

 Cara Mendidik Anak dengan Lembut dan penuh Kasih Sayang pada Anak - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - wajibbaca.com


Bersikap lembut dan penuh kasih sayang pada sang buah hati adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Katakan padanya bahwa Anda sangat menyayanginya dan bersyukur diberi kesempatan untuk menjadi orang tua. Selalulah berkata dengan halus dan penuh perhatian. Sebisa mungkin, hindari membentak anak setiap ia melakukan kesalahan, karena ini akan memberikan dampak buruk pada mentalnya.

 Menjadi Pendengar dan Motivator Terbaik

mendidik anak


 
Menjadi Pendengar dan Motivator Terbaik - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - inspirasi.co


Cara mendidik anak berikutnya adalah selalu menjadi pendengar dan motivator terbaik bagi anak. Sempatkan waktu untuk mendengarkan keluhan sang buah hati dan teruslah memberikan semangat setiap kali ia ingin menyerah. Cara ini akan membuat anak memiliki teman terbaik dalam hidupnya sekaligus membuat Anda lebih dekat dengannya.

 Meluangkan Waktu untuk Bermain Bersama Si Kecil

mendidik anak
 Meluangkan Waktu untuk Bermain Bersama Si Kecil - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - meetdoctor.com




Tidak hanya perilaku, orang tua juga perlu mengasah bakat serta kreativitas yang dimiliki anak. Di sinilah orang tua akan berperan sebagai guru pertama, dengan mengajarkan berbagai hal baru yang belum pernah dilakukannya. Dukung semua keinginan positifnya. Selain membuat sang anak menjadi lebih kreatif, tetap memberikan batasan pada semua keinginannya akan menghindarinya dari sifat manja dan bergantung pada kedua orangtua.

 Mengajari Bagaimana Menghormati, Meminta Maaf, dan Bertanggungjawab

mendidik anak

 Mengajari Bagaimana Menghormati, Meminta Maaf, dan Bertanggungjawab - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - piah.com

 Mengajari Anak untuk Saling Terbuka

mendidik anak

 Mengajari Anak untuk Saling Terbuka - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - bandunglife.com


Ini penting untuk dilakukan, karena di usianya yang masih begitu belia, rasa ingin tahu anak akan sangat besar. Ia akan menirukan apa pun yang baru baginya, baik ucapan hingga perlakuan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan dan menjelaskan banyak hal padanya, seperti mengajari bagaimana menghormati orang lain, meminta maaf apabila melakukan kesalahan, dan rasa tanggung jawab.

Berinteraksi dengan anak adalah hal yang paling penting, karena dengan ini, orang tua akan lebih tahu apa saja aktivitas yang sedang dilakukan sang buah hati. Ajaklah ia berkomunikasi sembari bermain atau ketika menikmati santap malam. Minta ia bercerita jika mengalami masalah dan kesulitan dalam aktivitasnya. Berikan solusi yang membangun agar ia tidak menyerah atas semua masalah. Cara ini akan melatih anak untuk selalu terbuka dan jujur pada siapa saja nantinya.

 Hindari Penggunaan Kata “Jangan”

mendidik anak

 Hindari Penggunaan Kata “Jangan” - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - lifestyle.okezone.com


Usia anak adalah usia paling tepat untuk membuatnya mengenali berbagai hal. Namun, terkadang anak memiliki dunianya sendiri dan menjadi asik di dalamnya. Bukan tidak mungkin bagi Anda itu kurang tepat. Meski begitu, sebisa mungkin hindari penggunaan kata “jangan” untuk melarangnya, karena ini akan menimbulkan dampak negatif dalam tumbuh kembang sang anak. Gantilah dengan kalimat yang lebih positif, misalnya ketika Anda ingin melarang anak berlari. Alih-alih berkata “jangan berlari”, lebih baik gunakan kata “berjalan saja”.

 Berusaha Menjadi Teladan dan Idola Sang Anak

mendidik anak

Berusaha Menjadi Teladan dan Idola Sang Anak - 7 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Dukung Tumbuh Kembangnya - brilio.net


Setiap anak pasti memiliki teladan atau idola masing-masing. Jika superhero hanya ada pada imajinasinya, buatlah diri Anda menjadi idola mereka di dunia nyata. Berikan semua hal yang mendukung segala hal positif pada dirinya. Jika masih masuk akal, tidak ada salahnya menjadi sosok yang begitu diinginkan anak.




Ternyata, cara mendidik anak untuk membuatnya menjadi pribadi yang membanggakan tidak sulit, kan? Usia anak adalah usia emas, masa terbaik untuk membentuk karakternya. Jadi, sebisa mungkin berilah contoh terbaik. Selamat mencoba!