baju muslim anak perempuan

12 Cara Ibu Rumah Tangga Hilangkan Kejenuhan Rutinitas di Rumah

12 Cara Ibu Rumah Tangga Hilangkan Kejenuhan Rutinitas di Rumah
12 Cara Ibu Rumah Tangga Hilangkan Kejenuhan Rutinitas di Rumah
Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah tantangan tersendiri bagi setiap wanita. Kejenuhan dari rutinitas rumah sehari-hari tak mustahil membuat setiap ibu menjadi 'gila'. Tapi ibu tidak perlu khawatir. Ibu bisa menjadi beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan rasa jenuh akibat melakukan rutinitas rumah yang itu-itu saja. Yuk disimak.

1. Berkebun

Berkebun
Berkebun
Bila ibu mempunyai lahan yang cukup luas, ibu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami tumbuhan seperti pohon atau bunga. Ibu bisa menata sedemikian rupa untuk menciptakan taman yang ibu sukai. Setiap kali ibu selesai menjalankan rutinitas rumah, ibu bisa mampir ke taman yang ibu buat untuk menyirami tanaman-tanaman ibu atau sekedar menikmati udara segar di taman tersebut.

Taman Gantung
Taman Gantung
Namun, bila tak ada lahan yang cukup luas untuk dijadikan taman, ibu bisa tetap bisa berkebun dengan memanfaatkan sistem taman gantung menggunakan tali atau yang menempel di tembok. Taman seperti ini tidak memakan banyak tempat. Berkebun tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh tapi juga untuk menghasilkan oksigen segar yang memperlancar pernapasan.

2. Memelihara Hewan

Memelihara hewan
Memelihara hewan
Memelihara hewan dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa ibu pilih untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Tingkah menggemaskan dari hewan-hewan peliharaan seperti kucing selalu berhasil menghasilkan tawa dan rasa bahagia. Secara tidak langsung, hewan peliharaan bisa mengurangi rasa jenuh ibu.

Tapi perlu diperhatikan juga kondisi keluarga, karena hewan peliharaan seperti kucing mempunyai bulu yang mudah rontok. Pastikan tidak ada anggota keluarga yang punya alergi terhadap bulu kucing. Hewan peliharaan yang baru beradaptasi juga seringkali buang air dimana saja, jadi ibu perlu paham dan siap dengan konsekuensinya.

Hewan lain yang bisa ibu coba pelihara adalah ikan. Ibu hanya perlu mengatur suhu dan kebersihan air dalam akuarium serta tidak lupa memberi ikan perliharaan ibu makan yang mana itu tidak merepotkan sama sekali.

3. Berolahraga

Berolahraga
Berolahraga
Berolahraga adalah salah satu cara menghilangkan jenuh ibu rumah tangga yang sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan dan pakar psikologi. Dengan berolahraga, ibu bisa menghilangkan kejenuhan dengan aktivitas berkeringat.

Tapi, ibu tidak perlu melakukan olahraga-olahraga berat seperti lari atau sepak bola atau gym. Ibu bisa memanfaatkan ruang yang ada di rumah untuk melakukan olahraga ringan seperti senam atau yoga. Penelitian mengungkapkan bahwa melakukan yoga selama 1 jam dapat membakar 540 kalori. Jadi, selain sehat dan mengilangkan jenuh, ibu juga bisa menjaga postur tubuh ideal ibu.

4. Membaca

Membaca
Membaca
Membaca juga bisa menjadi salah satu pilihan ibu untuk menghilangkan kejenuhan. Membaca dapat memberi rasa puas dan bahagia, namun itu pun tergantung pada konten yang dibaca. Ibu bisa membaca artikel-artikel santai seperti tips gaya hidup, hiburan, resep-resep masakan, atau novel-novel yang ringan. Hindari untuk sesuatu yang berat seperti artikel berita atau koran.

5. Menonton

Menonton
Menonton
Selain membaca, ibu juga bisa menghilangkan jenuh dengan menonton. Ibu tidak perlu jauh-jauh pergi ke bioskop. Ibu bisa memanfaatkan televisi atau handphone ibu untuk menonton melalui YouTube. Tontonlah sesuatu yang menarik seperti vidio lucu, tutorial masak, atau vidio apapun sambil duduk santai. Hal ini adalah cara relaksasi yang cukup efektif dan banyak dilakukan. Ibu pun boleh mencobanya.

6. Merawat Diri

Merawat diri (pijat relaksasi)
Merawat diri (pijat relaksasi)
Melakukan perawatan seringkali menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang mulai jenuh dengan rutinitasnya. Dengan melakukan pijat relaksasi, otot dan persendian akan merenggang dan pikiran pun kembali fresh. Terlebih, di zaman yang serba canggih ini, ibu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk bisa menikmati pijat relaksasi. Tinggal pakai aplikasi seperti GoJek, ambil Go-Massage dan pelayanan pijat yang akan datang ke rumah ibu.

7. Memasak

Memasak
Memasak
Teruntuk ibu yang senang memasak, ibu bisa menjadikan hobi ibu tersebut penghilang jenuh. Ibu bisa mencoba resep-resep yang aneh atau sedikit rumit. Untuk lebih jelasnya, silahkan ibu baca juga artikel Bagaimana Cara Menyiapkan Menu Masakan yang Bervariatif Untuk Anak dan Suami? Dengan melaksanakan hobi, ibu bisa menjadi senang dan melupakan kejenuhan untuk sesaat.


8. Ngobrol Bareng Teman

Ngobrol Bareng Teman
Ngobrol Bareng Teman
Jangan sepelekan komunikasi. Kadang, untuk menghilangkan jenuh, seseorang hanya perlu untuk ngobrol. Cobalah untuk menghubungi teman-teman. Undang mereka ke rumah atau untuk ketemuan. Berbagi cerita dan kisah sehari-hari selalu berhasil menghilangkan kejenuhan.

9. Travelling

Travelling
Travelling
Jalan-jalan bersama keluarga adalah salah satu cara menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas di rumah. Pergi ke tempat wisata atau ke tempat rekreasi cukup ampuh untuk melepas penat. Beristirahat sejenak dari rutinitas dengan menikmati alam di pegunungan atau pantai dapat menjadi solusi bagi ibu.

10. Tidur Siang

Tidur Siang
Tidur Siang
Tidur siang dapat menjadi pilihan terbaik dan termudah bagi ibu yang mulai penat dengan rutinitas rumah. Merebahkan diri untuk sesaat setelah menyelesaikan pekerjaan rumah dapat menjadi obat yang tepat untuk tubuh dan pikiran. Selain itu, dalam Islam, tidur siang juga dihitung sebagai ibadah karena merupakan sunnah Nabi shalallahu 'alaihi wassallam yang dikenal dengan istilah khailullah. Hanya saja, perlu ibu perhatikan durasi tidurnya. Durasi tidur siang terbaik adalah 30 menit sampai 1 jam saja setelah sholat Dzuhur. Apabila terlalu lama, justru dapat menyebabkan tubuh lemas dan kepala sedikit pusing.

11. Berbisnis

Berbisnis
Berbisnis
Untuk sebagian ibu rumah tangga, berbisnis sambil mengurus rumah adalah dua hal yang sama-sama merepotkan. Tapi, bagi sebagian lainnya, itu merupakan suatu hal yang menyenangkan. Tak sedikit ibu rumah tangga yang merasa senang ketika membalas chat dari calon pelanggan atau melayani pelanggan yang datang. Selain itu juga, dengan berbisnis ibu bisa menambah pemasukkan keluarga. Untuk mengetahui tentang peluang-peluang bisnis bagi ibu rumah tangga, silahkan ibu baca tulisan Cara Memulai Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga.

12. Beribadah

Beribadah
Beribadah
Melakukan aktivitas religi seperti ibadah adalah solusi paling mudah, paling praktis, dan paling efektif untuk menghilangkan semua rasa jenuh. Itu sudah Allah tegaskan dalam Al Quran,
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du: 28).
Maka jika ibu punya waktu luang, coba ibu manfaatkan untuk melakukan ibadah-ibadah seperti sholat sunnah, tadarus Al Quran, berdizkir, atau sekedar menonton vidio dakwah para ustadz, ulama, dan kyai yang ibu sukai. Selain memberi kesegaran pada pikiran, juga memberi ketenangan pada perasaan.

Itulah dia 12 cara ibu rumah tangga hilangkan kejenuhan rutinitas di rumah yang bisa ibu pilih dan ibu coba. Silahkan ibu pilih yang paling sesuai dengan ibu. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat kembali beraktivitas.