baju muslim anak perempuan

Bagaimana Cara Menyiapkan Menu Masakan yang Bervariatif Untuk Anak dan Suami?

menu masakan variatif
Menu Masakan Variatif

"Masak apa hari ini?" adalah satu dari sekian banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh anggota keluarga di rumah kepada seorang ibu. Dengan peran dan tugasnya yang bermacam-macam, seringkali seorang ibu bingung harus memasak menu apalagi untuk hari ini. 

Tetapi jangan khawatir, karena pada artikel ini, akan dipaparkan beberapa cara agar ibu tidak lagi bingung Bagaimana Cara Menyiapkan Menu Masakan yang Bervariatif Untuk Anak dan Suami. 

Buat Rencana Menu untuk Seminggu Kedepan


buat rencana menu
Buat Rencana Menu

Ibu bisa mencatat menu apa saja yang kira-kira simple untuk dimasak dalam jangka waktu seminggu kedepan. Salah satu contoh menu simple tersebut  yaitu Tumis Kangkung. Dengan cara ini, ibu bisa membeli bahan-bahan masakannya tanpa perlu bingung. Tinggal sesuaikan saja dengan menu apa yang mau dibuat dihari itu.

Tetapi, jika ibu ingin menu yang lebih bervariatif lagi, ibu bisa menaruh rencana menu yang agak ribet untuk dimasak di akhir pekan. Seperti menambahkan variasi makanan yang biasanya hanya ada 1-2 menu di hari biasa, ibu bisa mencoba 3-4 menu di akhir pekan. 

Satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu mengenai tata cara penyimpanan bahan-bahan masakannya. Jangan lupa untuk menaruh bahan masakan dengan baik dan benar. Contohnya seperti untuk sayuran, cuci bersih terlebih dahulu sayuran dan masukkan ke plastik. Lalu, letakkan pada bagian rak khusus sayuran di dalam kulkas. Dan pastikan untuk daging, unggas dan ikan diletakkan dalam freezer pada kulkas. 

Diskusikan Menu dengan Anak dan Suami

Seringkali ketika ibu sudah membeli bahan masakan, memasak dan menyajikannya di meja makan, anggota keluarga yang lain malah tidak memakan masakan-masakan tersebut. Sebagai seorang ibu yang sudah melakukan usaha semacam itu, seringkali ibu merasa kecewa. Ditambah lagi makanannya bisa jadi mubazir.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, setelah ibu menentukan daftar menu selama seminggu, ibu bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan anak dan suami. Pastikan menu-menu masakan tersebut merupakan makanan yang memang disukai oleh mereka. Sehingga, ketika masakannya sudah jadi, anak dan suami akan dengan senang hati menghabiskan masakan tersebut.

Atau bisa juga meminta anak dan suami untuk request makanan apa yang mereka inginkan. Sehingga ibu tinggal memikirkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk kemudian dimasak.

Referensi Menu dan Resep dari Internet

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, informasi dapat kita dapatkan dengan mudah. Ibu bisa browsing di internet atau mengunjungi web-web yang menyajikan resep dan menu-menu masakan. Beberapa rekomendasi website yang menyediakan konten-konten memasak yang bisa ibu coba kunjungi diantaranya sebagai berikut :

Jika Ibu ingin kumpulan resep dan ingin langsung melihat praktek memasaknya dalam bentuk panduan video, ibu bisa kunjung channel youtube berikut ini :



Itulah artikel mengenai Cara Menyiapkan Menu Masakan yang Bervariatif Untuk Anak dan Suami. Bagi seorang perempuan yang baru menikah atau baru saja menjadi seorang ibu, aktivitas menyiapkan menu yang bervariatif ini melelahkan. Tetapi, jika sudah terbiasa maka akan terasa mudah. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif. Sampai jumpa kembali pada artikel-artikel selanjutnya.