baju muslim anak perempuan

Cara Memulai Usaha Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga

Cara Memulai Usaha Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga
Cara Memulai Usaha Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, tentu ibu punya keinginan untuk punya penghasilan sendiri. Namun, kadang ibu tidak tahu harus bagaimana? Banyak ide usaha sampingan yang bisa ibu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kali ini, Bajuyuli akan coba paparkan beberapa ide usaha sampingan yang bisa ibu coba tanpa perlu meninggalkan rumah.

Meskipun dibilang usaha sampingan, usaha tersebut tetap akan menambah kesibukan ibu. Jadi, pastikan  terlebih dahulu seberapa sibuk ibu di rumah? Terutama bagi ibu yang punya anak yang masih kecil.

Hal lain yang perlu ibu pertimbangkan adalah kesiapan modal. Memang hanya usaha sampingan, tapi tentu saja harus ada modal awal yang perlu dikeluarkan.

Setelah kedua faktor tersebut terpenuhi, silahkan ibu luruskan niat untuk memulai usaha sampingan.

Innamal amalu binniyat. Semua perkara baik dimulai dari niat yang baik dan tulus.

Inilah beberapa ide usaha sampingan yang bisa ibu coba tanpa perlu meninggalkan pekerjaan rumah.

1. Bisnis online

Bisnis online merupakan usaha sampingan yang sangat cocok bagi ibu karena bisnis online merupakan usaha sampingan yang fleksibel, bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun ibu mau. Meski ibu belum punya produk, ibu masih bisa berbisnis online dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. Yang ibu perlukan adalah sebuah handphone dan koneksi internet. Bila dua hal tersebut sudah terpenuhi, ibu sudah bisa berbisnis online. Ibu bisa menjual produk apapun yang sesuai dengan passion ibu. Bila ibu suka berdandan, ibu bisa menjual produk-produk kosmetik atau produk-produk pakaian. Bila ibu suka teknologi, ibu bisa menjual produk-produk elektronik.

2. Penulis freelance

Apabila ibu punya hobi menulis atau punya kemampuan menulis, ibu bisa memanfaatkannya untuk meraup uang. Ibu bisa mengisi waktu luang ibu di rumah dengan menulis artikel-artikel singkat lalu mempublikasikannya di content publisher yang bersedia membayar tulisan ibu. Beberapa content publisher Indonesia yang bisa ibu coba diantaranya:
  1. BaBe News
  2. UC News
  3. JalanTikus
  4. Nulis.co.id
Setiap publisher mempunyai aturan dan harga masing-masing. Silahkan ibu pilih yang paling sesuai menurut ibu.

3. Agen PPOB

Menjadi agen PPOB (Payment Point Online Bank) adalah salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan bagi ibu. Produk-produk yang terkait dengan PPOB ini diantaranya:
  • Pulsa
  • Token Listrik/ Tagihan Listrik
  • PDAM
  • Cicilan Kredit
  • Tiket (kereta, bis, pesawat, hotel)
  • BPJS
Tak bisa dipungkiri bahwa produk-produk diatas termasuk salah satu yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat kini, terutama pulsa dan listrik. Dengan modal Rp1.000.000 (satu juta rupiah) sampai Rp3.000.000 (tiga juta rupiah) saja ibu sudah mulai usaha sampingan sebagai Agen PPOB ini.

4. Budidaya Hewan/ Tanaman

Bila ibu adalah orang yang sangat senang dengan tanaman dan hewan, ibu bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan ibu. Sekarang ini, banyak sekali orang yang membudidayakan hewan dan tanaman-tanaman hias. Bahkan, di media sosial seperti Facebook, terdapat komunitas yang khusus membahas tentang budidaya hewan dan tanaman. Tentu saja, selain berbagi tips, terjadi transaksi jual-beli di dalamnya.

Bila ibu punya lahan kosong yang cukup luas di rumah, ibu bisa memanfaatkannya untuk mulai membudidayakan hewan atau tanaman. Beberapa tanaman budidaya yang laku di pasaran diantaranya:
  • Tanaman bonsai
  • Tanaman kaktus
  • Bunga lavender
Sedangkan untuk hewan budidaya yang mempunyai pasar yang besar diantaranya:
  • Ikan lele
  • Burung Kicau
  • Jangkrik (pakan burung)
Modal yang perlu ibu siapkan untuk mulai usaha sampingan ini ada di kisaran Rp2.000.000 (dua juta rupiah) sampai Rp4.000.000 (empat juta rupiah)

5. Catering

Untuk ibu yang punya hobi memasak, silahkan ibu salurkan kegemaran ibu tersebut dalam bentuk usaha. Ibu bisa membuat sebuah usaha catering dan menawarkan jasa ibu tersebut ke Event Organizer (EO). Usaha seperti ini cukup menjanjikan dan tidak akan terlalu memakan waktu ibu. Namun, pasti ibu akan sedikit sibuk ketika pesanan tiba.

6. Jasa  Les

Jika ibu gemar mengajar, ibu membuka jasa les baik itu les privat maupun les yang berbentuk kelas. Jasa les masih banyak diminati para orang tua. Alasannya pun beragam. Ada yang ingin anaknya benar-benar paham atas mata pelajaran sekolah, atau sekedar agar si anak tidak terlalu banyak main. Apapun alasannya, jasa les masih banyak dicari. Ini bisa menjadi peluang usaha sampingan bagi ibu. Entah ibu menjadi fasilitator (pihak yang menyediakan tempat) atau ibu sendiri sebagai pengajarnya. Modal yang diperlukan berkisar Rp3.000.000 (tiga juta rupiah) sampai Rp5.000.000 (lima juta rupiah).

7. Warung/ Kelontong

Bisnis toko kelontong atau yang lebih familiar disebut warung merupakan salah satu alternatif yang bisa ibu jadikan usaha sampingan. Dengan membuka warung, ibu bisa berpenghasilan tanpa perlu keluar rumah. Selain itu, keperluan sehari-hari yang disediakan di warung pasti dibutuhkan oleh orang-orang. Bila ibu ingin membuka warung, modal yang ibu butuhkan berkisar di Rp3.000.000 (tiga juta rupiah) sampai Rp5.000.000 (lima juta rupiah). Namun, semakin besar modal yang ibu gelontorkan di awal akan semakin baik karena dengan begitu ibu bisa melengkapi produk yang tersedia di warung ibu.

8. Hampers (Bingkisan)

Di hari-hari tertentu seperti ulang tahun, pesta pernikahan, perayaan kelulusan, atau perayaan lainnya selalu ada hampers (bingkisan) di dalamnya. Oleh karena itu, bila ibu mempunyai kreativitas dalam membingkai dan membungkus hampers dalam ragam yang unik dan menarik, ibu harus memanfaatkannya sebagai usaha sampingan. Ibu tidak perlu membuat hampers sebelum ada pesanan sehingga itu tidak akan menyita waktu ibu. Ibu hanya perlu melakukan promosi sesering dan sebanyak mungkin. Bahkan untuk modal, selain modal untuk pengiklanan dan promosi, usaha ini bisa dibilang tanpa modal.

9. Jual Kerajinan Tangan

Selain hampers, ibu bisa memanfaatkan kreativitas ibu untuk membuat kerajinan tangan. Banyak sekali bentuk kerajinan tangan yang bisa ibu buat, mulai dari boneka, hiasan, hingga benda sehari-hari. Kerajinan tangan dianggap punya nilai lebih ketimbang barang pabrik karena terdapat effort dalam proses pembuatannya. Selain itu, usaha kerajinan tangan adalah usaha yang tidak akan terlalu mengganggu waktu ibu karena bisa ibu lakukan kapanpun ibu punya waktu kosong. Untuk pemasarannya, ibu bisa titipkan di toko-toko yang menjual kerajinan tangan dengan sistem bagi hasil atau memasarkannya secara online.

10. Waralaba/ Franchise

Bila ibu mempunyai uang dan ingin menjalankan sebuah usaha yang cukup memerlukan keseriusan dan ketekunan, ibu bisa mencoba membuka bisnis waralaba. Banyak usaha yang memberikan kesempatan untuk berwaralaba. Ibu bisa memilih produk waralaba yang sesuai dengan selera ibu di Ayo Waralaba. Modal yang diperlukan berkisar di Rp3.000.000 (tiga juta rupiah) sampai Rp15.000.000 (lima belas juta rupiah) tergantung dengan waralaba yang ibu ambil.

Itulah beberapa saran ide usaha sampingan bagi ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi ibu untuk bisa segera memulai usaha sampingan.