baju muslim anak perempuan

Bagaimana Cara Meluangkan Waktu Bersama Anak bagi Ibu Pekerja?

Bagaimana Cara Meluangkan Waktu Bersama Anak bagi Ibu Pekerja?
Bagaimana Cara Meluangkan Waktu Bersama Anak bagi Ibu Pekerja?
Keinginan untuk menjadi orang pertama yang mengetahui setiap perkembangan anak tentunya menjadi dambaan setiap ibu. Bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak dan memberi yang terbaik untuk mereka adalah satu dari sekian hal yang seorang ibu inginkan. Namun, seringkali seorang ibu menemukan kendala untuk bisa memenuhi keinginan ini. Apalagi jika ibu adalah seorang ibu pekerja.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meluangkan waktu bersama anak bagi ibu pekerja. Namun, hal yang paling penting adalah, bagaimana caranya sebagai seorang ibu untuk menciptakan waktu yang berkualitas ketika bersama anak.

Berikut ini akan dipaparkan cara-cara apa saja yang bisa seorang ibu pekerja lakukan untuk menciptakan waktu yang berkualitas ketika bersama anak.

Berikan pengertian kepada anak tentang pekerjaan ibu

Dengan lebih sedikitnya waktu kebersamaan yang dimiliki antara ibu dan anak merupakan salah satu faktor pemicu keadaan psikologis anak yang merasa bahwa mereka tidak diperhatikan atau disayangi dengan cukup oleh ibunya. Disinilah fungsi penjelasan dan komunikasi yang baik antara ibu dan anak. Berilah penjelasan pada anak apa yang dimaksud dengan bekerja dan ceritakan rutinitas yang dilalui ayah dan ibu sehari-hari di kantor atau di tempat bekerja. 

Usahakan makan bersama anak sekali dalam sehari

Biasanya, seorang ibu pekerja hanya memiliki waktu antara sarapan atau makan malam di rumah bersama anak. Hal ini tidak menjadi suatu masalah karena bagaimanapun, yang terpenting adalah waktu kebersamaan di sekitar meja makan. Gunakan waktu itu sebaik mungkin untuk saling bercerita dan bangun komunikasi yang baik. Ibu bisa bertanya apa saja yang seharian ini dilakukan oleh anak, apakah hari ini mereka bahagia, ingatkan mereka untuk selalu bersyukur setiap harinya, dengarkan cerita sehari-hari mereka, dan lain-lain. Satu jam bersama secara intensif setiap hari membuat orang tua menjadi tahu perkembangan anaknya dan dapat memantau serta mengetahui secara cepat jika ada sesuatu yang tidak biasa terjadi pada anak.

Cara ini bisa saja tedengar sepele. Namun dengan cara ini, anak akan merasa didengar, diperhatikan, dan memperoleh kasih sayang dari ibunya.

Tinggalkan pekerjaan begitu ada di rumah

Cara yang pertama adalah tinggalkan pekerjaan begitu ada di rumah. Berikan perhatian penuh kepada anak ketika berada di rumah dan usahakan untuk seprofesional mungkin menyelesaikan segala pekerjaan ketika berada di kantor atau tempat kerja. 

Dengarkan anak ketika mereka sedang bercerita. Usahakan untuk tidak memegang handphone atau mengerjakan seuatu pada laptop. Beri respon terhadap cerita mereka sehingga mereka akan merasa didengar dan diperhatikan. 

Upayakan untuk memiliki kegiatan rutin bersama

Kagiatan rutin bersama ini contohnya seperti duduk bersama di ruang keluarga, beribadah bersama, berkebun, membaca buku cerita anak, menyelesaikan mainan puzzle mereka, dan lain-lain. Apapun kegiatannya, momen-momen sederhana bersama ibu adalah hal yang akan anak-anak ingat dan menjadikan bonding antara ibu-anak menjadi kuat. 

Selain itu, ibu juga bisa turut aktif dalam kegiatan yang mereka suka. Contohnya jika anak suka sekali bermain lego. Maka, ibu hendaknya turut bermain lego bersama mereka dengan membantu anak menyelesaikan legonya. Dengarkan ide-ide dan apa yang anak pikirkan. Gunakan hobi atau hal yang anak suka sebagai topik obrolan dan bangun komunikasi dengan topik itu.



Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana cara meluangkan waktu bersama anak bagi ibu pekerja. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. 😉