Jual gamis anak perempuan murah

Cara Membantu Bayi Merangkak

Orang tua pasti menantikan tahap awal perkembangan bayi, mulai dari menyusui, makan nasi makanan pertama, tengkurap, duduk, merangkak, berjalan, bicara dan lain-lain. Nah, kebetulan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membantu bayi merangkak:

Sebelum membahas cara membantu bayi, anda harus mengetahui tahapan bayi merangkak:
Bayi merangkak tergantung dengan variasi umurnya, kesiapan fisik, perkembangannya. Pada umumnya bayi merangkak pada usia 7-10 bulan. Ketika bayi tengkurap, bayi akan menirukan gaya berguling dan gerakan seperti melata.

Tahapan bayi mulai merangkak berbeda-beda. Bisa jadi dengan mengerahkan perut, ujung jari kaki, lengan dan semua anggota tubuh agar dapat bergeser, dapat dimulai dengan posisi duduk. Secara alami, bayi sudah memiliki rasa tidak pantang menyerah. Jadi jangan khawatir, jika anda melihatnya mencoba banyak bergerak sendiri.
Cara Membantu Bayi Merangkak
Cara Membantu Bayi Merangkak 

Cara Membantu Bayi Merangkak 

1. Tummy Time / Tengkurap 

Ketika bayi bangun, biarkan ia tengkurap. Latihan tengkurap bisa dilakukan bayi sebelum ia merangkak. Kemudian orang tua bermain dengan bayi dengan posisi tersebut. 

2. Berikan Mainan 

Pancing terus menerus dengan mainan agar bayi meraih mainan saat ia mencoba merangkak. Cara ini harus berhati-hati rentan bayi terjatuh, maka dari itu orang tua perlu menjaganya. Cara ini adalah untuk memotivasi bayi agar cepat merangkak. 

3. Tempat yang Aman Nyaman Bersih 

Pastikan saat terjatuh, bayi tidak terantuk keras ke lantai hingga melukai tubuhnya. Bayi akan selalu melatih keseimbangan tubuhnya sampai ia benar-benar dapat berpijak dengan sempurna menggunakan tangan dan kakinya. Hindari kabel listrik dari jangkauan bayi jika ia berlatih merangkak. Biasanya bayi mulai mencoba mengambil segala hal di sekitarnya, ia akan memasukan sesuatu yang ia pegang ke dalam mulut. Pastikan semua alat-alat, tempat yang aman nyaman bersih untuk bayi belajar merangkak. 

Lantas, bagaimana bayi yang belum menunjukan tanda merangkak? 

Jika bayi di atas 10 bulan, belum merangkak, pastikan periksakan ke anak. Barangkali ada yang salah dengan kinerja otot atau masalah perkembangan lain. Biasanya bayi prematur memiliki masalah dalam keterlambatan merangkak.


Nah, itulah cara membantu bayi merangkak, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.