Jual gamis anak perempuan murah

Manfaat Menyuruh Si Kecil Belanja ke Warung Terdekat

Pernahkah bunda menyuruh si kecil untuk berbelanja ke warung terdekat? Biasanya, saat bunda sedang sibuk di dapur, kita selaku orang tua pasti akan melibatkan anak dan salah satunya bunda pasti pernah menyuruh si kecil untuk membeli bumbu dapur ke warung terdekat. Mungkin bunda juga saat masih kecil penah disuruh oleh orang tau untuk melakukan hal tersebut.

Meskipun kelihatannya sepele tetapi ternyata menyuruh si kecil untuk belanja sendiri ke warung memiliki banyak manfaat untuk perkembangan si kecil, diantaranya sbb.

1. MELATIH KEBERANIAN

Biasanya anak akan takut untuk keluar sendirian tanpa kita selaku orang tuanya atau teman-temannya. Nah, dengan menyuruhnya belanja kewarung ini akan menjadi salah satu tips untuk melatih keberaniannya, untuk pertama kali cobalah temani si kecil sampai ke warung terdekat, beberapa hari kemudian antar sampai depan rumah saja, dan selanjutnya biarkan si kecil sendirian. Bisa saja awal awal si kecil merasa takut tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa dan ini membutuhkan proses. Jangan sampai bunda memarahinya.

2. MELATIH DAYA INGAT

Selain melatih keberanian, meminta tolong kepada si kecil untuk belanja ke warung terdekat juga dapat melatih meningkatkan daya ingat si kecil. Saat bunda menyampaikan apa saja yang harus di beli maka si kecil akan menyimak dan mengingat pesan bunda. Jika pesanan yang dibawa sekecil ada yang lupa atau ada yang salah bunda tak perlu marah, pujilah keberaniannya dan agar tidak terulang lagi bunda bisa meberi si kecil catatan apa saja yang mau dibeli, meski si kecil belum bisa baca bunda cukup memerintah kan si kecil memberikan catatannya ke penjual di warung.

3. MELATIH TANGGUNG JAWAB

Dengan meminta tolong si kecil berbelanja ke warung terdekat artinya bunda sedang melatihnya mengemban tanggung jawab, si kecil pasti akan berusaha untuk mendapatkan apa yang bunda catat di catatan sesuai dengan yang di amanahkan kepada si kecil.

4. MELATIH BERKOMUNIKASI

Dengan menyuruh si kecil membeli sesuatu ke warung, maka si kecil juga akan berlatih berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada penjual. Mulai dari memberi salam hingga menyampaikan apa saja yang akan dibeli. Tentunya ada anak yang mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, namun ada juga sebaliknya tetapi dengan seringnya Bunda menyuruh anak, maka frekuensi berkomunikasi mereka semakin banyak, serta dapat mengurangi rasa malu, takut, dan menambah percaya diri.

5. MELATIH BERHITUNG

Keuntungan lainnya dari menyuruh anak ke warung terdekat adalah melatih untuk belajar berhitung. Terutama jika uang yang Bunda beri ternyata kelebihan, ia akan belajar tak hanya bertanggung jawab pada belanjaannya, tapi juga pada uang serta kembalian yang diterima guna memastikan jumlahnya benar. 

Nah kurang lebih itulah manfaat dari menyuruh anak berbelanja ke warung terdekat, namun pastikan dulu Bunda menunjuk warung atau toko di sekitar rumah yang memang tidak jauh, kondisi jalan aman, serta anak memang sudah bisa diberi kepercayaan ketika usianya sudah cukup matang guna meminta tolong. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.