baju muslim anak perempuan

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 7 Tahun

1. Perkuat Pondasi Agama 

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 7 Tahun
Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 7 Tahun 
Orang tua sebaiknya memberikan nutrisi pengetahuan agama dan mempraktekan di kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak tempat mengaji yang tersedia di setiap daerah, orang tua bisa menitipkan anaknya ke ustadz/ustadzah tempat mengaji agar mendidik anaknya tentang akhlak baik, tata cara sholat, membaca Al-Quran, berwudhu, berlomba-lomba melakukan kebaikan. Orang tua turut serta dalam membimbing anaknya di rumah dengan memberikan pengetahuan agama. 

2. Motivasi Akhlak Baik dan Percaya Diri 

Akhlak baik dibentuk dari keluarga terutama orang tua yang memberikan contoh akhlak baik. Contohnya memberikan rasa hormat kepada neneknya dan baik kepada keluarga lain sehingga anak juga memberikan rasa hormat dan patuh terhadap orang tuanya. Jangan memarahi anak di depan teman-temannya hal tersebut membuat anak merasa tidak percaya diri. Sebaiknya jika anak salah, diskusikan solusinya berdua dengan anak. Jika anak mendapatkan prestasi, berikan pujian untuk memberikan motivasi percaya diri bagi anak. 

3. Kedisiplinan dan Tanggung Jawab 

Kedisiplinan pada anak laki-laki usia 7 tahun memang penting, agar terbiasa sampai dewasa nanti. Misalnya orang tua membangunkan anaknya pagi-pagi jam 5 untuk bersiap-siap sekolah pada jam 6, menyiapkan untuk perlengkapan sekolah, makan, beres-beres dan lain-lain. Orang tua mengingatkan tanggung jawab anak belajar dengan baik dan mengerjakan tugas sekolah yang dikerjakan di rumah, membersihkan rumah dengan pekerjaan ringan dahulu. 

4. Jaga dan Awasi Pergaulan Anak 

Orang tua menjaga dan mengawasi pergaulan anak baik di sekolah dan di lingkungan bermain. Ditakutkan anak bermain dengan anak perokok aktif, berkelahi, atau korban bully jika orang tua teledor tidak mengawasi pergaulan anak. 

5. Batasi Pengaruh Buruk Gadget dan Informasi 

1. Jangan memberikan gadget hak milik anak sepenuhnya 
2. Dampingi anak saat memainkan gadget 
3. Berhati-hati dengan sosial media, pantau anak bila memiliki sosial media. 
4. Selalu memanfaatkan quality time bersama keluarga daripada bermain gadget. 
5. Gadget hanya untuk mencari informasi pengetahuan dan tugas sekolah saja. 


Nah, itulah mendidik anak laki-laki usia 7 tahun dengan mudah dan simpel, semoga bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat membaca.