baju muslim anak perempuan

Cara Supaya Anak Mau Berbagi

Cara Supaya Anak Mau Berbagi
Cara Supaya Anak Mau Berbagi 

1. Saat Moment Play Date 

Saat moment play date, minta anak membantu anda untuk membagikan cokelat atau kue yang disajikan untuk teman-teman anak. 

2. Saat Mengerjakan PR di Rumah 

Misalnya jika anak mengerjakan tugas dari sekolah yang harus dikerjakan secara berkelompok di rumah anda, ada baiknya anda menyediakan makanan untuk dibagikan bagi teman-teman anak anda. Anak anda ikut serta dalam membagikan makanan. 

3. Berbagi ke Anak Yatim di Yayasan 

Jika anda senang bersedekah menafkahkan sebagian harta atau makanan untuk anak yatim, ada baiknya anak ikut serta memberikan makanan untuk mereka di yayasan anak yatim. 

4. Berbagi di Sekolah 

Anak-anak berpartisipasi untuk berbagi infaq sedekah untuk anak yatim/teman anak yatim yang kurang mampu, untuk pembangunan mesjid, dan untuk orang yang berduka, kecelakaan. 

5. Ulang Tahun Anak 

Biasanya hari kelahiran anak dirayakan dengan syukuran dan membuat nasi tumpeng atau snack jajanan yang dibungkus. Orang tua dan anak membagikan snack hajatan tahun kelahiran kepada anak-anak lain. 

6. Saat Ada Kegiatan Lain 

Seperti adanya bencana alam, kebakaran dan kejadian lain, anak hendaknya berpartisipasi menyumbangkan baju yang tidak terpakai. Mainan anak yang tidak dipakai sumbangkan ke teman yang tidak pernah punya mainan. 


Nah, itulah cara supaya anak mau berbagi, tentunya metode di atas harus dicontohkan oleh orang tua dan dilakukan oleh anak-anak serentak agar memiliki jiwa rela berkorban dan rasa peduli terhadap orang lain yang sangat memerlukan pertolongan bantuan. Sekian dan terimakasih, selamat mencoba.