Jual gamis anak perempuan murah

Cara Mendidik Anak Menurut Syariat Islam

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya lebih baik dari orang tuanya, bahkan seorang preman yang suka mabuk-mabukan pun pasti tidak ingin anaknya mengikuti jejak orang tuanya dan tentu ingin anaknya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari orang tuanya.

Nah, maka dari itu selaku orang tua kita harus mendidik setiap anak-anak yang dikaruniakan kepada kita dengan cara yang tepat dan benar sesuai dengan syariat islam yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

1. Meberikan Hak dan Pendidikan Sesuai Syariat Islam

Sebelum memberikan pendidikan kepada anak, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kita selaku orang tuanya.
  • Memberikan nama yang baik dan memiliki arti kebaikan sesuai dengan syarit islam
  • Diakikah kan dan dipotong rambutnya sesuai dengan syariat islam (lebih baik dilakukan setelah hari ke 7 dari kelahirannya).

2. Mengenalkan dan Mendidik Anak Tentang Tauhid

Selaku orang tua hal pertama yang harus kita perkenalkan kepada anak-anak kita adalah tentang Tauhid terlebih dahulu agar anak mengenal keesaan Allah SWT. sejak dini, karena tauhid ini sangat penting sekali dalam Islam.

Tahapan untuk memperkenalkan tauhid kepada anak-anak kita yaitu:\

  • Saat anak menginjak usia 3 tahun, biasakanlah untu mengajarkan anak melapalkan kaliamat tauhid "Laila ha illallah" beserta artinya "Tidak ada tuhan selain Allah" beserta kandungannya sebanyak 7x atau lebih.
  • Setelah lancar melapalkan kalimat tauhid, lanjutkan dengan mengajarkan anak melapalkan kalimah "Muhammad Rosullullah" beserta arti dan kandungannya.
  • Disaat anak sudah terbiasa dengan kalimah "Laila ha illallah" dan "Muhammad Rosullullah" cobalah untuk menanyakan arah mana yang kanan dan kiri, berikan pemahaman apa apa saja yang harus dilakukan dengan tangan kiri dan kanan dan hal lainnya yang berkaitan dengan arah, seperti memberitahukan arah kiblat dan mengajaknya untuk shalat.
  • Disaat anak menginjanjak umur 6-7 tahun ajaklah anak untuk membasuh muka dan tangan kemudian ajaklah untuk shalat bersama.
  • Kemudian setelah anak menginjak umur 9 tahun, berikan pelajaran tentang bagaimana cara berwudhu dan shalat yang benar beserta hukuk-hukum melaksanakannya.
  • Mengajarkan anak mengenai budi pekerti atau ahlak yang baik, menulis, dan latihan fisik atau olahraga yang dapat menyehatkan badannya serta di nafkahi dan diwarisi dengan harta yang halal.

3. Mengajarkan Anak Tentang Ibadah Yang Lainnya

Setelah anak kita mencapai usia baligh kita wajib mengajarkan kepada anak kita mengenai Ibadah lainnya baik itu yang wajib dan yang sunah, seperti sholat, puasa, sedekah, membaca Al-Qur'an termasuk tajwid dan makhorijul hurufnya, berbuat baik kepada sesama dan mahluk lainnya. Serta berikanlah pengajaran mengenai ilmu dunia seperti matematika, bahasa dan yang lainnya yang baik-baik untuk anak kita.

“Adapun hak anakmu adalah, ketahuilah bahwa ia berasal darimu. Dan segala kebaikan dan keburukannya di dunia, dinisbatkan kepadamu. Engkau bertanggung jawab untuk mendidiknya, membimbingnya menuju Allah dan membantunya untuk menaati perintah-Nya.”

“Maka, perlakukanlah anakmu sebagaimana perlakuan seseorang yang mengetahui bahwa andaikan ia berbuat baik pada anaknya, niscaya ia akan mendapatkan pahala dan andaikan ia berbuat buruk niscaya ia akan memperoleh hukuan.” (Al Khislal, hal.568).

Itulah sedikit pengetahuan singkat mengenai cara yang benar dan baik dalam mendidik anak menurut syariat islam. Semoga bisa menambah ilmu gai kamu yang sudah membaca.