baju muslim anak perempuan

Tips Mengajarakan Kebaikan Berkurban Kepada Buah Hati

Pada hari raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan hari raya kurban, pasti banyak dari anak-anak kita bertanya mengenai alasan kenapa kambing nya disembelih? kenapa sapinya di bunuh? 

Nah, hari raya kurban merupakan hari yang tepat untuk mengajarkan anak-anak kita mengenai kebaikan dalam berkurban supaya tidak salah pemahaman. Jelaskan kepada anak-anak kita bahwa berkurban ini sangatlah penting untuk berbagi kepada sesama manusia.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk mengajarkan sang buah hati tentang kebaikan berkurban di dalam Islam.

1. Mengajarkan Buah Hati Untuk Berbagi 

Beritahukan kepada sang buah hati bahwa setiap manusia itu adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan harus memiliki teman, maka dari itu ajarkanlah sang buah hati kita untuk berbagi kepada sesama untuk menguatkan ikatan persaudaraan, agar ketika kita mengalami kesusahan akan selalu ada orang lain yang membantu kita juga.

2. Ceritakan Kisah Rosul Pada Buah Hati 

Saat anak bertanya kenapa kambing atau sapi harus disembelih di hari kurban, cobalah untuk menceritakan asal muasal terjadinya perintah untuk berkurban. Ceritakan kisah mengenai Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang meruaakan manusia yang pertama kali di perintahkan untuk berkurban oleh Allah SWT.

3. Ajarkan Si Buah Hati Untuk Bersyukur

Nah, dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang berkaitan erat dengan peristiwa atau asal muasal di perintahkannya berkurban ini, cobalah untuk mengajarkan sang buah hati untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun, katakan kepada sang buah hati bahwa semua rizki yang dan kenikmatan selama hidup di dunia ini dilimpahkan oleh Allah SWT semata, sehingga pada hari raya kurban setiap umat muslim yang mampu wajib untuk berkurban sebagai rasa sykur dan untuk saling berbagi kepada sesma manusia.

Jika kamu sebagai orang tua yang mampu untuk berkurban, cobalah mengajak sang buah hati memilih hewan untuk berkurban sesuai dengan kemampuan kamu dan sesuai dengan syariat Islam.

Itulah beberapa tips untuk mengajarkan kebaikan berkurban kepada sang buah hati sejak dini. Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi kamu yang sudah membaca. Yuk ajari anak kita sejak dini mengenai kebaikan kebaikan di dalam Islam.