Jual gamis anak perempuan murah

Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi

Mungkin anda sudah tau serpihan pada kulit kepala tampak seperti ketombe. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut biasa terjadi di awal kelahiran bayi dan ketombe akan menghilang dalam waktu 6-12 bulan.
Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi
Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi 


1. Penyebab Ketombe pada Bayi 

Menurut para ahli, penyebab ketombe pada bayi dikarenakan hormon dari ibu hamil pada kehamilan trimester terakhir yang disalurkan ke bayi. Hormon tersebut kemudian menjadi minyak/sebum pada kulit kepala bayi. Membuat bayi mengalami cradle cap/jamur Mallasezia, bakteri yang tumbuh pada minyak tersebut. Umumnya cradle cap tidak menular, hanya ketika sudah parah, kulit kepala bayi akan terasa gatal. Tanda atau gejala yang muncul pada kulit kepala bayi yaitu adanya kerak tebal, terdapat sisik putih atau kuning pada kulit kepalanya berminyak atau kering, bisa disertai kemerahan. 

2. Tips Mengatasi Kulit Ketombe 

1. Sebelum keramas, pijat lembut kulit kepala bayi dengan baby oil, minyak zaitun atau petroleum jelly untuk membantu kerak atau sisik mengelupas. Diamkan selama 15 menit. 
2. Lalu basahi kulit kepala bayi, gosok kulit kepala secara lembut dengan sikat wajah atau sikat gigi yang lembut untuk merontokkan keraknya di kulit kepala. 
3. Cuci rambut menggunakan shampoo aman khusus bayi, bilas hingga bersih. Lalu keringkan dengan handuk. Pastikan tidak ada sisa minyak di kulit kepala agar tidak menyumbat pori-pori. 
4. Agar minyak mudah terangkat, diamkan shampoo di kulit kepala bayi dalam beberapa menit sebelum dibilas. 

Jika cara yang diatas sudah dilakukan beberapa kali, tetapi masih parah ketombenya menempel pada kulit kepala bayi, anda perlu memeriksakan ke dokter. 


Nah, itulah cara mengatasi ketombe pada bayi dengan mudah dan simpel, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.