Jual gamis anak perempuan murah

Tips Ajarkan Anak Menabung


Tips Ajarkan Anak Menabung
Tips Ajarkan Anak Menabung 
Menabung merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang yang ingin memiliki masa depan untuk memenuhi keinginannya. Tidak salahnya anak seusia taman kanak-kanak dan sekolah dasar memahami uang, tabungan dan belajar menabung. Ada beberapa tips sederhana untuk mengajarkan anak menabung di usia dini: 

1. Anak Kenal Uang

Menjelaskan mata uang negara, nilai uang, bentuk uang, fungsi uang secara sederhana dan mudah dipahami anak usia dini. Pada bagian mata uang yang terkecil dahulu yang mudah dikenali anak. Biasanya uang koin, uang selebaran yang nilainya masih terbilang bisa terhitung oleh anak.

2. Kenali Impian, Keinginan, Harapan Anak 

Konsultasikan dengan anak tentang impian, keinginan dan harapan anak di masa depan, dengan begitu uang dapat ditabungkan oleh anak dengan mencapai target yang anak inginkan tersebut. Orang tua mengarahkan anak untuk mempergunakan uang dengan semestinya. 

3. Perbedaan Menabung dan Belanja

Jelaskan pada anak bahwa menabung memang penting, sedangkan belanja penting tetapi uang tidak dihabiskan untuk belanja. Belajarlah berhemat dan rajin menabung, karena rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. 

4. Memberi Jatah Uang Mingguan 

Misalnya anak diberi jatah uang 2 minggu sekali atau seminggu sekali, mereka belajar menabung, membelanjakan sesuai kebutuhan yang lebih penting. Sediakan kencleng menarik untuk anak agar mereka semangat untuk menabung. 

5. Ajarkan Anak Mencatat Keuangan 

Biasakan sejak dini, anak mencatat keuangan pengeluaran dan pemasukan uang. Hal tersebut berguna untuk melihat rincian pengelolaan uang. 

6. Orang Tua Memberi Contoh 

Misalnya anda sebagai orang tua memiliki celengan khusus, anda isi uang setiap kali anak masukan uang koin ke dalam celengan. Anak dan orang tua memiliki celengan masing-masing. 

Nah, itulah tips dan trik cara mengajarkan anak menabung di usia dini dengan mudah dan simpel, semoga informasi ini menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.