baju muslim anak perempuan

Cara Anak Bertemu dengan Orang Baru

1. Berikan Informasi Awal

Cara Anak Bertemu dengan Orang Baru
Cara Anak Bertemu dengan Orang Baru 
Ketika ada acara keluarga, orang tua memberikan penjelasan kepada anak bahwa anak akan bertemu dengan kakek, nenek, tanteu, sepupu dan lain-lain. Jelaskan bahwa pada acara suasananya akan berbeda dengan rumah, pada acara tersebut akan ramai dan penuh hiruk pikuk banyak orang, banyak makanan kesukaanya. 

2. Ajarkan Cara Berkenalan Awal 

Ajarkan anak untuk berkenalan di awal dengan sopan santun, misalnya dengan tersenyum, jabat tangan atau sun tangan ke yang lebih tua, dan mengucapkan salam, pandangan mengarah fokus ke orang yang berkenalan dengan anak. Berani mengungkapkan tidak, teriak dan jangan memberikan respon pada orang yang mengganggu anak anda misalnya hal yang membuat anak tidak nyaman, secara tiba-tiba orang baru menggendong anak anda yang membuat si kecil ketakutan. 

3. Ceritakan Kebiasaan Si Kecil 

Anda ceritakan kebiasaan anak anda kepada orang baru ketika anak anda mulai berkenalan dengan orang baru, misalnya anak anda tidak suka bersalaman, anak anda suka bercerita tentang favorit kartun kepada orang baru. Agar orang baru tersebut tidak merasa kecewa saat mulai berkenalan dengan anak anda. 

4. Orang Tua Siaga

Ketika anda jalan dengan anak di tempat keramaian misalnya di mall, anda harus siaga mendampingi si kecil. Jangan sampai anak berjalan kesana kemari tanpa pengawasan orang tua, agar anak tidak hilang. 

5. Beri Contoh yang Baik 

Orang tua harus memberikan contoh kepada anak bagaimana bersikap dengan orang baru, teman baru dan keluarga yang baru ia jumpai. Berikan contoh perkenalan yang ramah, hangat, manis, bagaimana cara berbincang menyenangkan dengan teman yang baru. Sehingga anak mudah beradaptasi dan membangkitkan rasa percaya diri. 

6. Ajak Anak ke Tempat Baru 

Sering-seringlah ajak anak ke tempat baru sehingga anak anda terbiasa melihat suasana dan teman-teman baru. Hal ini membuat anak lebih mudah beradaptasi dengan hal yang baru. 


Selesai, semoga informasi ini menambah pengetahuan anda, sekian dan terimakasih, selamat mencoba.