baju muslim anak perempuan

Cara Memotivasi Anak Agar Lebih Semangat Berprestasi

Semua orang baik itu orang dewasa ataupun anak kecil tentunya akan bersemangat untuk belajar ataupun melakukan kegiatan tertentu jika terdapat motivasi dari dalam dirinya dan penyemangat untuk dirinya dalam melakukan kegiatan tersebut. Jika Bunda melihat anak lesu ataupun  kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan, belajar ataupun dalam meraih prestasi, bisa saja anak Bunda kurang mendapatkan motivasi dan semangat dari orang-orang terdekatnya dan sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada anak agar anak Bunda lebih semangat lagi dalam berprestasi.

Alangkah baiknya semangat dalam berprestasi ditanamkan pada anak Bunda sejak usia dini baik itu dalam bidang akademik ataupun dalam bakat dan minatnya. Adapun untuk langkahnya, Bunda bisa mencoba cara-cara berikut ini.

1. Pujilah Kelebihan dan Prestasi Anak

Disaat anak Bunda melakukan hal baik atau berprestasi walau sekecil apapun itu biasakanlah untuk memberikan pujian, agar anak bisa lebih bersemangat lagi. Pujian akan membuat anak berbesar hati sehingga anak akan lebih mudah untuk merencakan untuk berprestasi lagi. Demikian juga ketika Bunda tahu ada kelebihan anak yang sudah bisa Bunda liat, sekecil apapun itu pujilah terus, katakan bahwa itu adalah kelebihan yang dia miliki dan harus di pupuk agar kelak memberikan hasil yang lebih baik lagi.

2. Beri Hadiah Untuk Keberhasilan Anak 

Ketika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik atau mendapatkan prestasi yang dicapai maka berilah hadiah atau reward untuk keberhasilannya, berilah rewards walaupun bukan sesuatu yang mahal harganya, hal tersebut akan sangat bernilai untuk anak. Dengan adanya rewards membuat anak lebih bersemangat untuk mengukir prestasi. Anak akan merasa bahwa jerih payahnya bisa diterima oleh orang lain. Perasaan ini akan memberikan pengaruh positif dan memberikan energi positif untuk selalu berprestasi.

3. Menceritakan Keberhasilan Orangtua

Ketika Bunda masih kecil atau muda pasti mempunyai suatu keberhasilan dalam hal apapun, dan sekecil apapun itu, ceritakanlah pada anak tentang keberhasilan yang pernah Bunda raih. Tentu saja dengan bahasa yang halus dan mudah dimengerti anak, serta dengan tidak memberikan kesan bahwa Bunda sedang membandingkan anak dengan Bunda. Dengan mendengar cerita keberhasilan orangtua, akan membuat motivasi dan semangat anak terbangkitkan dalam prestasinya.

Nah, itulah Bunda beberapa cara untuk memotivasi dan memberikan semangat kepada anak agar lebih semangat dalam berprestasi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan dapat menginspirasi Bunda.