baju muslim anak perempuan

Cara Mengatasi Depresi Pada Anak Usia Dini

Mengatasi Depresi Pada Anak Usia Dini.
Mengatasi Depresi Pada Anak Usia Dini.
Depresi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak kecil pun bisa saja mengalami depresi apalagi suasan jati si kecil cendrung mudah berubah-ubah. Depresi pada anak biasanya dipengaruhi oleh faktur  dari luar seperti orang tua yang terlalu keras dalam mendidik, keluarga yang tidak harmonis, masalah disekolah ataupun masalah dengan teman mainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Selalu Ada Untuk Anak

Ketika bunda melihat kondisi anak yang mungkin berbeda dari biasanya, menjadi sedikit pendiam, murung dan terlihat stres, jangan pernah sekali kali Bunda memberikan tekanan yang dapat membuat anak menjadi tambah depresi. Sesibuk apapun, Bunda harus selalu ada untuk anak dan jadilah pendukung serta teman curhat yang baik untuknya.

2. Bantulah Masalah Anak

Bantulah anak melewati hari-hari beratnya dengan sabar dan penuh kasih sayang ya Bunda, untuk mengatasi depresi pada anak, Bunda juga perlu membawa anak ke psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Studi terbaru menemukan jika konseling dan psikoterapi adalah cara terbaik dan tepat untuk mengatasi depresi pada anak.

3. Lebih Peka Kepada Anak

Bunda harus mencoba lebih peka lagi terhadap keinginan dan perubahan sikap anak, jika dirasa sangat berbeda, tak ada salahnya untuk mengajak si kecil berdiskusi terlebih dahulu, tanyakan apa yang terjadi atau apa yang dia inginkan, jika tidak memungkinkan cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog anak dalam mencari tahu penyebab dan mendapat solusi yang tepat.

Nah, itulah sedikit cara yang bisa Bunda coba lakukan jika melihat tanda-tanda depresi pada anak Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca.